Elon Musk dan Jeff Bezos, Miliarder Paling Pelit Sedunia

loading...
Elon Musk dan Jeff Bezos, Miliarder Paling Pelit Sedunia
Elon Musk dan Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang paling pelit sedunia oleh Forbes Philanthropy Score. FOTO/Space.com
JAKARTA - Jeff Bezos dan Elon Musk kini memiliki julukan baru, yakni orang terpelit di dunia. Berdasarkan laporan Forbes Philanthropy Score dua orang terkaya dunia itu ternyata paling sedikit beramal dibandingkan miliarder lainnya.

Forbes setiap tahun mengelompokkan miliarder antara yang pelit dan dermawan. Kategori tersebut disusun berdasarkan persentase total kekayaan dengan harta yang disumbangkan untuk beramal.

Forbes mengelompokkan menjadi lima tingkatan, yakni kurang dari 1%, antara 1-5%, antara 5-10%, antara 10-20% dan di atas 20%. Dilansir dari Business Insider, Rabu (13/10/2021) dari 400 miliarder hanya 19% yang mendonasikan hartanya untuk beramal dan sebanyak 156 miliarder menyumbangkan hartanya kurang dari 1%.

Baca Juga: 6 Band Rock Legendaris Terkaya Dunia, Ada Queen hingga Metallica



Sebagai orang terkaya di dunia Musk dan Bezos masuk dalam golongan dengan sumbangsih amal paling sedikit, yakni kurang dari 1%. Padahal keduanya menduduki puncak orang paling tajir melintir sedunia.

Bahkan jika dibandingkan dengan mantan istri Jeff Bezos, sumbangsihnya untuk beramal kalah jauh. MacKenzie Scott telah menyumbangkan hartanya hingga 13% untuk beramal.

Donasi amal yang diberikan MacKenzie tak menurunkan kekayaannya. Justru, kekayaan mantan istri Bezos kini terus melambung tinggi. Kekayaan MacKenzie lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Ini Penyanyi Terkaya di Indonesia, Siapa yang Paling Banyak Hartanya?

Sementara milirder paling dermawan dipegang oleh Warren Buffet. Sepanjang hidupnya Opa Warren menyumbangkan USD44 dolar AS. Begitu juga dengan keluarga Bill Gates. Melalui yayasan Bill dan Melinda Gates Foundation telah menyalurkan USD60 miliar untuk beramal.

Namun masih ada lagi yang sangat dermawan dibandingkan Warren dan Gates, yakni George Soros. Sumbangsihnya untuk beramal mencapai USD16,8 miliar melampaui kekayaan bersih yang hanya USD8,6 miliar.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top