Luhut Minta Uji Coba LRT Sesuai Standar Internasional

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 08:24 WIB
Luhut Minta Uji Coba LRT Sesuai Standar Internasional
Proyek LRT ditargetkan rampung pada Agustus 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Transportasi massal berupa lintas raya terpadu ( LRT ) yang menghubungkan beberapa kota, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) terus dipercepat pembangunannya. Targetnya, LRT itu akan rampung pada Agustus 2022.

Sehubungan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kualitas sumber daya manusia dalam urusan pembangunan teknologi transportasi perlu ditingkatkan. Dengan demikian, inovasi teknologi khususnya perkeretaapian terus ada.

Baca juga: Luhut Ingin Pamer Ekowisata Mangrove saat KTT G20 di Bali

“Saya perlu ingatkan seluruh stakeholders di proyek ini untuk terus menjaga solidaritas dan semangat dalam melaksanakan pengujian kereta LRT selanjutnya di lapangan karena pekerjaan kita belum selesai dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi,” kata Menko Luhut melalui keterangan yang diterima MPI, Jumat (14/10/2021).



Dirinya menyebut seluruh tahapan pengujian dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu sehingga kereta LRT dapat beroperasi dengan cepat.

“Untuk performa maksimal pada agustus 2022 sebagaimana yang telah kita targetkan bersama bisa jalan. Sebagai moda transportasi kereta dengan teknologi tinggi, yaitu grade automation level 3, pengoperasiannya dijalankan secara otomatis tanpa menggunakan masinis atau driveless system,” ujarnya.

Baca juga: Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024, Syaratnya Airlangga Capres

Luhut meminta PT INKA dan KAI benar-benar memastikan setiap detail produksi dan pengujian kereta LRT dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standar internasional yang menjadi acuan.

“Tidak lupa saya tekankan pentingnya transfer of knowledge dalam setiap proses produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek agar ke depan kita juga bisa menguasai teknologi-teknologi modern sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang perkeretaapian dan menghadirkan berbagai inovasi teknologi,” pungkasnya.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1588 seconds (10.101#12.26)