Profil PIF, Perusahaan Mohammad bin Salman yang Membeli Klub Newcastle United

Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:00 WIB
Profil PIF, Perusahaan Mohammad bin Salman yang Membeli Klub Newcastle United
PFI terus mengembangkan investasinya ke berbagai sektor. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Public Investment Fund (PIF) merupakan perusahaan yang beroperasi sebagai perusahaan investasi yang berfokus pada investasi di sektor berkembang. Lembaga penampung dana umat ( Sovereign Wealth Fund ) ini merupakan milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi .

Perusahaan ini juga mendorong transformasi ekonomi negara dengan melakukan diversifikasi domestik dan internasional. Didirikan tahun 1971, dengan lokasi di Riyadh Arab Saudi, Timur Tengah, PIF awalnya diperuntukkan sebagai fasilitator pengembangan ekonomi nasional Arab Saudi berdasarkan Dekrit Kerajaan No. (M/24).

Baca juga: Setelah Caplok Newcastle, Pangeran Arab Kini Lirik Inter Milan

Setelah mengalami perkembangan, di tahun 1974 PIF dalam ekonomi domestiknya diberi mandat untuk memegang posisi ekuitas dalam usaha saham gabungan. Kemudian, pada 2008, PIF diberi kesempatan untuk mengelola dan sepenuhnya memiliki dana kekayaan negara baru yang digunakan untuk memperluas cakupan investasi domestik dan luar negeri.



Profil PIF, Perusahaan Mohammad bin Salman yang Membeli Klub Newcastle United



Para pemimpin Arab Saudi di tahun 2015 memberikan lebih banyak wewenang untuk PIF sesuai dengan tujuan visi 2030.

Perkembangan selanjutnya, PIF memiliki fungsi utama sebagai perusahaan investasi untuk membiayai investasi pada proyek-proyek produktif, baik milik pemerintah secara keseluruhan ataupun sebagian yang bersifat komersial. Proyek produktif ini diharapkan dapat berperan untuk membantu perkembangan ekonomi Arab Saudi.

Beberapa contoh proyek di sektor penting Arab Saudi adalah kilang minyak, jaringan pipa dan penyimpanan, industri petrokimia, energi, mineral, transportasi, desalinasi air, dan fasilitas infrastruktur. Keputusan investasi di PIF bertujuan untuk pengembalian jangka panjang, menarik, dan disesuaikan dengan risiko yang berpusat pada pembangunan portofolio yang terdiversifikasi untuk Arab Saudi.

Baca juga: Direstui Mohammad bin Salman, Saudi Tanam 100.000 Pohon di Gurun Pakai Drone

PIF juga memberikan pendanaan modal beberapa perusahaan bilateral dan Pan Arab. Di tahun 2021, PIF memegang investasi domestik dan internasional dengan jumlah kurang lebih sebesar USD430 miliar, termasuk perusahaan publik dan swasta Arab Saudi serta investasi internasional.

Di tahun 2021, PIF, perusahaan milik Mohammad bin Salman, membeli Newcastle United yang merupakan kepemilikan klub kasta teratas Liga Inggris. Pembelian ini disepakati dengan harga 300 juta pounds atau setara dengan Rp5,8 triliun. Kesepakatan pengambilalihan ini sebelumnya sempat diwarnai dengan perselisihan hukum.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1762 seconds (11.252#12.26)