Solusi Omnichannel Bakal Menjadi Masa Depan E-commerce

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:44 WIB
Solusi Omnichannel Bakal Menjadi Masa Depan E-commerce
Berkembangnya industri e-commerce di tanah air dan semakin majunya teknologi, pada akhirnya membuat pelaku bisnis harus kian adaptif menerapkan berbagai strategi untuk bisnis. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Berkembangnya industri e-commerce di tanah air dan semakin majunya teknologi, pada akhirnya membuat pelaku bisnis harus kian adaptif menerapkan berbagai strategi bisnis . Di sinilah peranan omnichannel semakin penting.

Saat ini, konsumen bisa dengan mudah mencari tahu dengan detail mengenai suatu produk melalui berbagai platform . Perilaku konsumen seperti ini jelas akan berpengaruh pada bisnis, khususnya bisnis online.

Baca Juga: Sinergi Ammana dan MNC Guna Usaha Mudahkan Berhaji Layaknya Belanja Online

Omnichannel, atau model bisnis lintas channel, dapat menghubungkan operasional bisnis online dan offline milik brand dalam satu ekosistem yang terintegrasi, serta memungkinkan brand untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang seamless bagi konsumen. Hal ini dikarenakan strategi omnichannel berfokus pada keseluruhan pengalaman konsumen dan tidak terbatas pada satu kanal.



"Solusi omnichannel adalah masa depan e-commerce, sehingga sangat penting untuk kita semua pelaku industri agar bersama-sama memiliki wawasan yang terdepan mengenai hal ini," ujar CEO SIRCLO, Brian Marshal.

Strategi omnichannel juga dapat membantu brand untuk menciptakan sebuah sinergi antara setiap kanal penjualan mereka. Hingga pada akhirnya dapat memperluas jangkauan di berbagai kanal penjualan online dan mampu menaikkan traffic transaksi.

Pandemi Covid-19 sendiri telah mengakselerasi pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dan meningkatkan konsumsi masyarakat di platform digital. Momentum pandemi membuat hampir semua pemenuhan kebutuhan pokok dan berbagai kegiatan lainnya dialihkan melalui layanan digital.

Masyarakat pun kini dinilai semakin bergantung dengan produk dan layanan yang dihadirkan melalui platform digital. Termasuk perilaku konsumen yang semakin mendorong ke berbelanja secara online.

Temuan ini termuat dalam laporan tentang lansekap perkembangan e-commerce di Indonesia berjudul 'Navigating Indonesia’s E-Commerce: Omnichannel as the Future of Retail' yang dirilis Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO bersama Katadata Insight Center.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1261 seconds (10.177#12.26)