Mantap! Hari Ini Nigeria Mulai Gunakan Mata Uang Digitalnya

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:13 WIB
Mantap! Hari Ini Nigeria Mulai Gunakan Mata Uang Digitalnya
Mulai Senin ini (25/10/2021) warga Nigeria sudah bisa menggunakan mata uang digital. Foto/Nairamterics.com
A A A
JAKARTA - Kejutan datang dari Nigeria . Mulai hari ini, Senin (25/10/2021) negara terbesar di Afrika itu (berdasarkan populasi) sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan eNaira, mata uang digital nya. eNaira hanya akan melengkapi mata uang fisik negara itu.

Godwin Emefiele, gubernur CBN, mengatakan bahwa eNaira akan beroperasi sebagai dompet digital, tempat masyarakat menyimpan dana yang ada di rekening bank mereka.

"eNaira menandai langkah maju yang besar dalam evolusi uang dan CBN berkomitmen untuk memastikan bahwa eNaira, seperti naira fisik, dapat diakses oleh semua orang," kata pernyataan CBN, dikutip dari Reuters, Minggu (24/10/20210).

Baca juga: Entrepreneur Perempuan Nigeria Ubah Ban Bekas Jadi Tambang Emas Hitam Baru



Kehadiran eNaira membuat Nigeria menjadi salah satu negara terbaru yang menggunakan mata uang digital. Sebelumnya, Juli lalu, China sudah secara resmi melakukan uji coba yuan digital.

"Peluncuran eNaira merupakan puncak dari kerja beberapa tahun penelitian CBN dalam memajukan batas-batas sistem pembayaran untuk membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan mulus untuk setiap lapisan masyarakat,” tulis pernyataan Pemerintah Nigeria.

Kesuksesan Nigeria ini terjadi ketika banyak negara di seluruh dunia tengah mempertimbangkan pengenalan mata uang digitalnya yang didukung oleh bank sentral (CBDC) masing-masing. Mata uang digital ini memanfaatkan popularitas aset kripto yang menawarkan infrastruktur pembayaran yang murah dan sangat cepat.

Lantas bagaimana eNaira digunakan? Mengutip thecable.ng, eNaira dikeluarkan oleh CBN sebagai alat pembayaran yang sah dan juga merupakan bentuk digital dari naira. Jadi hanya akan seperti uang tunai.

Untuk bisa menggunakan eNaira maka harus ada dompet digitalnya, atau eNaira Wallet. Pengguna bisa mengunduhnya lewat aplikasi eNaira, baik di Google play store atau App store.

Baca juga:PBNU: Hanya Guyonan, Pernyataan Gus Yaqut soal Kemenag Kado untuk NU Tak Perlu Diseriusi

Setelah itu, melakukan pendaftaran, baik untuk bisnis (merchant) maupun individu. Secara umum pendafataran ini seperti membuka sebuah "rekenig bank" secara digital. Selanjutnya, seperti halnya mengisi dompet atau uang elektronik, dompet eNaira diisi melalui tranfer uang fisik yang ada di bank.

Langkah Nigeria jelas mendahului Indonesia. Sebab, Indonesia, lewat Bank Indonesia belum menerbitkan atau meluncurkan rupiah digital. Bank sentral juga belum bisa memastikan waktu peluncuran rupiah digital.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1386 seconds (10.177#12.26)