alexametrics

Rupiah Sesi Pagi Terus Membaik Jadi Rp14.165/USD, Euro Dekat Level Tertinggi

loading...
Rupiah Sesi Pagi Terus Membaik Jadi Rp14.165/USD, Euro Dekat Level Tertinggi
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Kamis (4/6/2020) merangkak naik untuk terus berbalik melawan. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Kamis (4/6/2020) merangkak naik untuk terus berbalik melawan. Tren perbaikan mata uang Garuda mengiringi euro yang bergerak mendekati level tertinggi bulanan terhadap rivalnya.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini terpantau terdongkrak ke posisi Rp14.165/USD. Level tersebut memperlihatkan rupiah berdiri kokoh di zona hijau usai kemarin ada di Rp14.245/USD.

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange memperlihatkan rupiah sedikit tergelincir menjadi Rp14.105 per USD dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp14.095/USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.097 hingga Rp14.146/USD.



Berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas menunjukkan rupiah pada sesi pembukaan bertengger di level Rp14.247/USD. Dimana terlihat kurs rupiah juga sedikit membaik dari sesi sebelumnya. Data Yahoo Finance juga menunjukkan rupiah cenderung stabil dimana pagi ini berada pada level Rp14.240/USD.

Di sisi lain euro mendekati level tertinggi bulanan terhadap mata uang rival lain pada perdagangan, Kamis seiring harapan bank sentral Eropa akan memperluas program pembelian Obligasi. Kekuatan Euro membantu untuk mendorong indeks dolar terhadap enam mata uang utama lainnya ke posisi terendah dalam hampir tiga bulan.

Sementara optimisme atas pembukaan kembali aktivitas ekonomi di seluruh dunia juga mengurangi permintaan terhadap dolar. Euro berdiri di posisi 1,1220 versus USD, turun sedikit pada hari ini setelah meningkat menjadi 1,1258 pada Rabu kemarin, atau menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Maret dan menjaga tren peningkatan dalam tujuh sesi secara beruntun.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top