PIK2 Bangun Islamic Financial Center Terbesar se-Asia Tenggara

Kamis, 04 November 2021 - 14:08 WIB
loading...
PIK2 Bangun Islamic Financial Center Terbesar se-Asia Tenggara
Gambaran Menara Syariah yang akan mejadi ikon di kawasan Islamic Financial Center yang dibangun PIK2. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan sektor keuangan dan ekonomi syariah . Indonesia juga diproyeksikan sebagai salah satu dari 5 besar pasar keuangan syariah internasional.

Menangkap potensi tersebut, PIK2 berencana menghadirkan Islamic Financial Center di atas lahan seluas 23,5 hektare (ha). Kawasan perbankan dan asuransi berbasis syariah tersebut tidak hanya akan menjadi yang terbesar di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara.



Dalam pembangunan kawasan Islamic Financial Center ini, PIK2 bekerja sama dengan Matrix Concepts Holding Berhad dari Malaysia dan NIKKO Sekuritas Indonesia yang sudah berpengalaman di bidang keuangan dan perbankan berstandar nasional dan internasional.

Keseriusan pengembangan kawasan ini juga ditandai dengan pembangunan Menara Syariah, yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada 8 Desember 2019 lalu. Menara Syariah merupakan menara kembar yang terdiri dari 2 towerdengan ketinggian 29 lantai. Dirancang oleh perancang internasional DP Architects Ltd, Menara Syariah direncanakan bisa menampung hingga 5.000 orang karyawan.

Dari proyek ini, PIK2 diharapkan akan menjadi pusatekonomi baru yang memiliki daya tarik kuat serta mampu membuka lapangan kerja baru, mendukung iklim investasi di Indonesia. Proyek ini juga diharapkan meningkatkan dan menjamin nilai kawasan dalam berbagai pengembangan properti.



Mengenai arsitektur bangunannya, Director DP Architects Rida Sobana menjelaskan bahwa pihaknya akan merujuk pada nilai-nilai yang lebih universal yang berhubungan dengan Islam, seperti geometri, hal-hal yang sifatnya harmonis, serta keseimbangan.

"Islam is not about the building. Kita akan merujuk pada nilai-nilai yang lebih universal tentang hubungannya dengan Islam," ungkap Rida dalam webinar Agung Sedayu Group bertema "Menara Kembar Syariah a Landmark & Syariah Financial Hub of Asia", yang dikutip, Kamis (4/11/2021).

Selain pengembangan kawasan bisnis, PIK2 juga menghadirkan kawasan residensial, yang salah satunya adalah Pasir Putih Residences di atas lahan seluas 150 ha. Pasir Putih Residences dilengkapi dengan danau dan hamparan pasir putih di dalam kluster. Danau di kawasan ini direncanakan seluas 16,2 ha dan lebar hingga 70 m, mengelilingi area perumahan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)