Siap-siap! Katanya Harga BBM Sudah Seharusnya Naik

Jum'at, 05 November 2021 - 14:46 WIB
loading...
Siap-siap! Katanya Harga BBM Sudah Seharusnya Naik
Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai sudah seharusnya naik seiring dengan melonjaknya harga minyak mentah dunia yang mencapai harga tertinggi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga Bahan Bakar Minyak ( BBM ) jenis Pertamax dinilai sudah seharusnya naik. Hal ini diakibatkan oleh melonjaknya harga minyak mentah dunia yang mencapai harga tertinggi.

"Saya menyampaikan, saat ini seharusnya pemerintah sudah saatnya memberikan paling tidak keleluasaan di bidang usaha. Kenapa? karena kita lihat SPBU Swasta sudah beberapa kali menaikan harga BBM atau melakukan penyesuaian terhadap harga BBM eceran mereka," kata Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan di Jakarta, Jumat (5/11/2021).



Lebih lanjut Mamit mengatakan untuk perhitungan harga jual eceran minyak mentah atau harga BBM diatur dalam Peraturan Menteri ESDM 20 tahun 2021.

"Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak terutama di pasal 8 itu ditentukan oleh badan usaha,terkait dengan formula harga pun sudah ditentukan di peraturan permen ESDM 62 tahun 2020 ini seharusnya sudah disesuaikan," paparnya.



Misalnya pihak Pertamina telah melakukan penyesuaian untuk BBM umum, karena sepanjang tahun 2021 telah mengalami kenaikan yang cukup fluktuatif.

"Saya rasa lebih fair ketika Pertamax ini diperbolehkan melakukan penyesuaian. Untuk Pertalite, saya kira tidak bisa saat ini karena konsumsinya sangat besar dan Pertamax rata-rata penggunanya juga sudah ekonomi menengah ke atas," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)