Sandiaga Uno Dorong Pembukaan Lapangan Kerja Baru di Sumatera Utara

Senin, 08 November 2021 - 16:46 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Pembukaan Lapangan Kerja Baru di Sumatera Utara
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri kegiatan Kabupaten Kota Kreatif di Medan Club, Kota Medan, Senin (8/11/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dan Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut) untuk mengikuti program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Sandiaga menegaskan, hal itu untuk mendorong terciptanya lapangan pekerjaan pasca pandemi Covid-19.

"Hari ini ada berita baik, yaitu serapan lapangan pekerjaan semakin meningkat. Dan 70% ditopang oleh pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno seusai menghadiri kegiatan Kabupaten Kota Kreatif di Medan Club, Kota Medan, Senin (8/11/2021).



Dalam sambutannya, Sandiaga menyebutkan Kemenparekraf dan pemerintah daerah setempat secara konkrit melakukan endorsemen produk-produk UMKM. "Produk UMKM ini kita pantau menurut big data ada peningkatan 35-40%. Kita harapkan ini menjadi awal dari kota Medan melakukan proses uji petik menjadi kota kreatif sehingga ekonomi kreatif semakin bergerak dan lapangan kerja semakin bertambah," tuturnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa program Gerakan Nasional Bangga Indonesia yang sudah diluncurkan adalah program stimulus khusus di beberapa sub sektor termasuk kuliner, kriya, fashion dan kecantikan. "Setiap UMKM akan mendapatkan Rp50 juta masih ada sekitar 3.000-3.500 slot," ungkap Sandiaga.

Ia berharap agar para pelaku ekonomi kreatif di Sumatera Utara bisa ikut berpartisipasi dalam program stimulus tersebut. "Karena ini murni program stimulus enggak pakai ribet, enggak pakai mumet, enggak pakai entar-entar, hari ini bisa diklaim, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penggerak ekonomi lokal untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelasnya.

Di Indonesia, program tersebut sudah dilaksanakan di Kabupaten Kota Kreatif di 25 daerah, dan di Sumatera Utara ada 2 yakni Kota Medan dan Kota Deli Serdang.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga menyatakan terima kasihnya atas kepedulian dari berbagai pihak terkait kunjungan terakhirnya di Gorontalo, yang bertepatan dengan peristiwa gempa bumi.



"Terima kasih atas pesan yang disampaikan kepada kami saat kami terkena gempa di Gorontalo, kita keadaannya baik-baik saja dan dapat langsung melanjutkan kegiatan, alhamdulillah. Dan mbak Wamen (Angela Tanoesoedibjo) dalam kondisi sehat, beliau kelelahan karena acara cukup padat. Acara semakin meningkat di akhir 2021, karena seiring dengan kebangkitan, hari ini sudah berkegiatan seperti biasa. Terima kasih untuk doa-doa dari semua pihak untuk kami berdua," kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan pasca penurunan kasus Covid-19 kita pantau peningkatan kunjungan wisawatan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan.

"Apalagi dengan beberapa event internasional yang akan kita lakukan. Kita membidik peningkatan antara 20-30%. Dan di tahun depan kunjungan wisatawan Nusantara pulih dan wisawatan mancanegara kembali terbuka dengan target sesuai kita sepakati dengan DPR dan Bappenas yakni 1,5-2 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Terima kasih Horas," pungkas Sandiaga Uno.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)