Kontribusi Hampir Rp9.000 Triliun, Sandiaga Terus Mendorong Kebangkitan UMKM

Sabtu, 20 November 2021 - 14:48 WIB
loading...
Kontribusi Hampir Rp9.000 Triliun, Sandiaga Terus Mendorong Kebangkitan UMKM
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno membeberkan, UMKM memiliki peran penting dalam menopang ekonomi Indonesia meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno membeberkan, UMKM memiliki peran penting dalam menopang ekonomi Indonesia meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19. Buktinya, UMKM tercatat mampu berkontribusi hingga hampir Rp9.000 triliun.

"UMKM jadi semangat kita, karena di tengah pandemi kontribusinya justru semakin meningkat, mencapai hampir Rp9.000 triliun. Jadi kita lakukan berbagai langkah untuk membangkitkan UMKM ini," jelas Menparekraf Sandiaga dalam webinar Trijaya bertajuk UKM Indonesia Goes To Bandung, Sabtu (20/11/2021).



Menurut Sandiaga, UMKM juga berkontribusi menciptakan lapangan kerja dengan persentase 97 % dari keseluruhan lapangan kerja di Indonesia. Pelaku UMKM juga merupakan penggerak 62% ekonomi negara. Pelaku ekonomi di Indonesia juga didominasi oleh pekerja kreatif dengan persentasi 70%.

Karena berperan besar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencanangkan berbagai program untuk membangkitkan kembali UMKM.

"Kami melaksanakan program strategis, salah satunya pengembangan human capital (SDM) melalui upskilling dan reskilling, peningkatan kualitas produk barang dan jasa, promosi dengan Gernas BBI hingga meningkatkan akses sumber pembiayaan," jelas Sandiaga.



Dirinya juga meminta agar pelaku UMKM memanfaatkan akses digital yang semakin mudah didapat untuk mengembangkan bisnis mereka. Digitalisasi dinilai membantu meningkatkan skala bisnis UMKM.

"Dan yang paling penting, saya ingin menitipkan etos kerja yang selalu kami pegang; kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, itulah kunci UMKM agar sukses. Pandemi juga belum selesai, jadi mari kita ketatkan protokol kesehatan," tandas Sandiaga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)