Buang Air di SPBU Pertamina Bayar Rp2000, Duitnya Ngalir ke Mana?

Selasa, 23 November 2021 - 11:53 WIB
loading...
Buang Air di SPBU Pertamina Bayar Rp2000, Duitnya Ngalir ke Mana?
Pertamina diminta menggratiskan fasilitas toilet di SPBU Pertamina. FOTO/SPBU Pertamina/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegur Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati terkait fasilitas toilet berbayar di SPBU Pertamina . Erick beranggapan bahwa Pertamina seharusnya bisa menggratiskan toilet mengingat merupakan fasilitas umum.



Berikut fakta-fakta toilet SPBU berbayar yang dirangkum MNC Portal di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

1. Biaya Toilet Digunakan untuk Perawatan

Penjaga toilet yang bekerja di SPBU Pertamina Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur, menerangkan bahwa biaya sebesar Rp2.000 untuk buang air kecil dan Rp4.000 untuk buang air besar atau mandi. Adapun uang tersebut nantinya digunakan untuk biaya perawatan.

2. Toilet Seharusnya Gratis

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohit sentil jajaran direksi Pertamina yang mematok tarif untuk fasilitas toilet di SPBU. Sebagai salah satu BUMN, Erick beranggapan Pertamina seharusnya bisa menggratiskannya.

“Kenapa gak gratis? Kan ini fasilitas umum?” tanyanya kepada sang penjaga toilet, dikutip dari Instagram resminya.

“Saya kurang tau, Pak. Saya cuma kerja, Pak,” jawab penjaga toilet tersebut.

3. Pertamina Sudah Mendapatkan Uang dari Sumber Lainnya

“Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapet dari jualan bensin,” harap Erick.



Selain itu, Pertamina juga telah mendapatkan uang dari toko kelontong yang berada di kawasannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat mendapatkan fasilitas tambahan yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan POM-POM bensin swasta yang di bawah Pertamina juga toiletnya gak boleh bayar. Harus gratis!” imbaunya.

4. Penjelasan Pertamina

Pertamina memberikan penjelasan terkait tarif untuk fasilitas toilet di SPBU yang telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami akan sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat," ujar Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)