Gede Banget, Omzet Toilet SPBU Pertamina Bisa Buat Bayar Pajak Pom Bensin

Selasa, 23 November 2021 - 17:11 WIB
loading...
Gede Banget, Omzet Toilet SPBU Pertamina Bisa Buat Bayar Pajak Pom Bensin
Terungkap bahwa omzet dari toilet berbayar di SPBU Pertamina bisa buat bayar pajak usaha pom bensin. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan jumlah pendapatan toilet SPBU Pertamina cukup besar bisa buat bayar pajak pom bensin.

"Jadi dulu penelitian dosen saya pernah menemukan hasil bahwa pendapatan mereka dari toilet umum setara dengan pembayaran pajak dari sebuah SPBU. Jadi relatif besar pendapatan dari situ," ujar Nailul Huda kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (23/11/2021).



Melihat peluang keuntungan yang besar tersebut, Menurut Huda membuat pihak pengelola membiarkan toilet di SPBU dipungut tarif. Minimal, mengurangi biaya perawatan toilet yang diambil dari keuntungan penjualan bahan bakar.

"Makanya gede banget memang itu duit dari toilet bisa sampai buat bayar pajak SPBU. Berarti bisa jadi memang keuntungan yang sebagian ke biaya toilet akhirnya buat keuangan pengelola dan pemilik SPBU," tambah Huda.



Menurutnya hasil dari keuntungan dari penjualan bahan bakar seharusnya bisa dialokasikan untuk perawatan toilet dan fasilitas penunjang lain tanpa membebankan biaya ke masyarakat. Dia meminta agar fasilitas umum di SPBU seperti toilet bisa terawat dan terjaga dengan baik demi menjaga kepuasan konsumen Pertamina.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)