Gede Banget, Omzet Toilet SPBU Pertamina Bisa Buat Bayar Pajak Pom Bensin

Selasa, 23 November 2021 - 17:11 WIB
loading...
Gede Banget, Omzet Toilet SPBU Pertamina Bisa Buat Bayar Pajak Pom Bensin
Terungkap bahwa omzet dari toilet berbayar di SPBU Pertamina bisa buat bayar pajak usaha pom bensin. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan jumlah pendapatan toilet SPBU Pertamina cukup besar bisa buat bayar pajak pom bensin.

"Jadi dulu penelitian dosen saya pernah menemukan hasil bahwa pendapatan mereka dari toilet umum setara dengan pembayaran pajak dari sebuah SPBU. Jadi relatif besar pendapatan dari situ," ujar Nailul Huda kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Buang Air di SPBU Pertamina Bayar Rp2000, Duitnya Ngalir ke Mana?

Melihat peluang keuntungan yang besar tersebut, Menurut Huda membuat pihak pengelola membiarkan toilet di SPBU dipungut tarif. Minimal, mengurangi biaya perawatan toilet yang diambil dari keuntungan penjualan bahan bakar.

"Makanya gede banget memang itu duit dari toilet bisa sampai buat bayar pajak SPBU. Berarti bisa jadi memang keuntungan yang sebagian ke biaya toilet akhirnya buat keuangan pengelola dan pemilik SPBU," tambah Huda.

Baca Juga: Usai Disentil Menteri Erick Thohir, Toilet SPBU di Kota Bandung Gratis



Menurutnya hasil dari keuntungan dari penjualan bahan bakar seharusnya bisa dialokasikan untuk perawatan toilet dan fasilitas penunjang lain tanpa membebankan biaya ke masyarakat. Dia meminta agar fasilitas umum di SPBU seperti toilet bisa terawat dan terjaga dengan baik demi menjaga kepuasan konsumen Pertamina.
(nng)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1178 seconds (10.55#12.26)