Erick Thohir Ingin RI Jadi Super Hub di Asia Tenggara hingga Eropa

Selasa, 23 November 2021 - 19:44 WIB
loading...
Erick Thohir Ingin RI Jadi Super Hub di Asia Tenggara hingga Eropa
Indonesia diharapkan menjadi super hub kawasan ASEAN hingga Eropa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan pelabuhan Indonesia menjadi Super Hub di Asia Tenggara, Eropa, hingga kawasan lainnya. Keinginan itu usai pemerintah menggabungkan PT Pelindo (Persero) I, II, II, dan IV di bawah payung Holding BUMN Pelabuhan.

Baca juga: Pasca-Lebur Pelindo, Erick Thohir: Kita Tekan Biaya Mahal dan Korupsi

Optimisme Erick dibarengi dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) di sektor kelautan hingga market yang dinilai potensial.

"Kita tidak mau menjadi hub, tapi kita mau menjadi super hub di Asia Tenggara menuju Eropa dan lain-lainnya. Toh, kita kaya dengan SDA, kita kaya dengan market," ujar Erick, Selasa (23/11/2021).

Ihwal penggabungan Pelindo, kata dia, akan memberikan dampak positif bagi pengembangan layanan terintegrasi, peningkatan kapasitas pelabuhan dan percepatan standardisasi operasional, hingga peningkatan akses dan ke dalaman pelabuhan.



Bahkan, pemegang saham telah menetapkan lima sasaran utama ihwal pengembangan industri pelabuhan nasional. Pertama, meningkatkan daya saing perseroan agar mampu berkompetisi di kancah global.

Kedua, mengurangi biaya pelabuhan dan meningkatkan pelayanan jasa pelabuhan. Ketiga, mensinergikan pengembangan pelabuhan dalam sistem transportasi dan sistem logistik nasional.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Keempat, memenuhi kebutuhan serta mendukung pertumbuhan dan pengembangan ekonomi nasional. Kelima, mengembangakan kapasitas sumber daya manusia dalam industri pelabuhan.
(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1550 seconds (10.101#12.26)