Mentan Ajak Petani Milenial Perkuat Kedaulatan Pangan

Senin, 29 November 2021 - 13:16 WIB
loading...
Mentan Ajak Petani Milenial Perkuat Kedaulatan Pangan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) pada program Menteri Sapa Petani dan Penyuluh yang digelar oleh BPPSDMP di Agricultural War Room (AWR) Kementan. (Foto: Dok. BPPSDMP)
A A A
JAKARTA - Menjaga kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak para petani milenial untuk bersama-sama memperkuat kedaulatan pangan.

Ajakan tersebut dikemukakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada program Menteri Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) yang digelar oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) di Agricultural War Room (AWR) Kementan di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/11/2021), Mentan Syahrul menegaskan bahwa kedaulatan pangan adalah kunci atas berbagai kemajuan bangsa yang harus diperjuangkan bersama sebagai nilai kemanusiaan.

(Baca juga:Tekad PA GMNI Perkuat Nasionalisme Lewat Kedaulatan Pangan)

“Jadi yang paling penting dari pertanian adalah mampu tidak kita membangun mindset dalam hati dan pikiran kita, bahwa yang kita kerjakan ini bersentuhan pada tugas, fungsi dan peranan kemanusiaan,” katanya.

Menurutnya, bersediakah kita membangun agenda intelektual, bahwa kita memiliki tugas sekaligus amanah dalam menjaga kebutuhan pangan. “Inilah saatnya, kita memperkuat kedaulatan pangan,” kata Mentan.



Syahrul berharap semua pihak dapat memperkuat kedaulatan pangan dengan menjaga pertanian. Terlebih, sektor pertanian selama pandemi Covid-19 terbukti mampu menjadi penopang ekonomi nasional, bahkan mampu membuka banyak lapangan kerja melalui produksi hilirisasi berorientasi ekspor.

(Baca juga:LaNyalla Bicara Kemandirian dan Kedaulatan Pangan di FGD HIPPORA)

“Kalau kita mau menjadi pejuang, kita harus membuat kebaikan bagi bangsa ini. Kedua, kita harus bersemangat melakukan sesuatu. Apalagi kita ini menyediakan makan bagi banyak orang, jadi tidak boleh mundur,” katanya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2413 seconds (11.252#12.26)