Diselimuti Kecemasan Omicron, Besok Rupiah Bakal Melemah

Kamis, 02 Desember 2021 - 18:56 WIB
loading...
Diselimuti Kecemasan Omicron, Besok Rupiah Bakal Melemah
Kecemasan terhadap varian Omicron menjadi sentimen negatif terhadap rupiah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kekhawatiran akan serangan varian Omicron membuat rupiah tak berdaya atas dolar. Pada perdagangan hari ini, Kamis (2/12/2021), nilai tukar rupiah ditutup melemah 51 poin ke level Rp14.397 per dolar.



Ibrahim Assuaibi, pengamat pasar keuangan, mengatakan turunnya rupiah dikarenakan pasar diguncang oleh kabar merebaknya varian baru Omicron yang bisa lebih menular. Situasi itu akan membuat adanya pembatasan perjalanan dan penguncian (lockdown) yang akan memukul kembali perekonomian.

"AS melaporkan kasus varian pertamanya pada hari Rabu (1/12/2021). Australia, Inggris, Kanada, dan Jepang juga melaporkan kasus, meskipun perbatasan diperketat," kata Ibrahim dalam risetnya, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, jumlah kasus omicron di Afrika Selatan, tempat ditemukannya varian empat pekan lalu, telah meningkat dua kali lipat.

Terlepas dari ketidakpastian seputar Omicron dan dampaknya, Kepala The Fed Jerome Powell menegaskan kembali pendiriannya bahwa The Fed akan mempertimbangkan untuk mempercepat pengurangan aset ketika bertemu pada 14 hingga 15 Desember mendatang. Ini juga bisa berarti kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan.



Sentimen negatif yang datang dari Omicron dan juga kecemasan akan kebijakan The Fed masih akan menjadi sandungan bagi mata uang garuda. Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.380-Rp14.440.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)