Dear Millennials! Yuk, Biasakan Mulai Menabung dengan 4 Tips dari MotionBanking Ini

Jum'at, 03 Desember 2021 - 08:43 WIB
loading...
Dear Millennials! Yuk, Biasakan Mulai Menabung dengan 4 Tips dari MotionBanking Ini
Menabung mungkin terdengar mudah, namun masih banyak masyarakat terutama anak-anak muda yang kesulitan untuk melakukannya. Berikut 4 tips menabung pintar dari MotionBanking. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menabung mungkin terdengar mudah, namun masih banyak masyarakat terutama anak-anak muda yang kesulitan untuk melakukannya. Walaupun sadar akan manfaat menabung, masyarakat khususnya anak-anak muda masih banyak yang belum terbiasa untuk menabung, sehingga mereka merasa kesulitan untuk tetap konsisten dalam menyisihkan sebagian penghasilannya untuk disimpan.



Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC International Tbk, Tee Teddy Setiawan menjelaskan, kita harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam menabung. Misalnya Ia mencontohkan, ada yang namanya impulsive buying di mana pengeluaran tersebut sifatnya spontanitas tanpa adanya perencanaan.

"Ada juga anak-anak muda yang menilai kebiasaan boros mereka dengan alasan self-rewarding, di mana mereka ingin memberikan apresiasi untuk diri sendiri atas kerja keras mereka," ungkap Teddy.

Lebih lanjut, Teddy mengatakan, bahwa tidak ada yang salah dalam mengeluarkan uang. Namun, lebih baik pengeluaran tersebut dikendalikan oleh perencanaan diri yang matang.

“Jika ingin membeli sesuatu yang diinginkan walaupun harganya mahal sebenarnya tidak apa-apa. Hanya saja setiap pengeluaran baiknya dapat kita kendalikan melalui perencanaan yang matang sehingga kesehatan finansial kita tetap terjaga,” ujarnya lebih lanjut.



Untuk mendukung masyarakat khususnya anak-anak muda dalam membangun kebiasaan menabung, MotionBanking memberikan 4 tips menabung pintar berikut ini:

1. Keinginan versus kebutuhan

Anak-anak muda harus bisa membedakan antara apa yang menjadi keinginan dan apa yang menjadi kebutuhan. Hal ini perlu diketahui agar anak-anak muda lebih pintar dalam mengeluarkan uang dan membangun perencanaan finansialnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)