Hore! QRIS Rambah Thailand, Belanja Cukup Pakai Ponsel

Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:21 WIB
loading...
Hore! QRIS Rambah Thailand, Belanja Cukup Pakai Ponsel
Bank Indonesia menyatakan bahwa QRIS bisa digunakan di Thailand. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia ( BI ) Retno Ponco Windarti menyampaikan kabar gembira terkait perkembangan Quick Response Code Indonesian Standard ( QRIS ). QRIS tidak hanya meningkat pesat di Indonesia, namun juga juga telah merambah berbagai merchant atau toko di Thailand.



"Kita sudah soft launching QRIS cross border dengan Thailand. Sekarang sudah piloting, sebentar lagi kalau sudah cross border, ke Thailand cukup pakai QRIS," ujar Retno secara virtual di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Dia menyampaikan, QRIS pada dasarnya menggunakan aplikasi financial technology (fintech), baik itu melalui dompet elektronik atau mobile banking yang sudah terintegrasi.

"Misalnya Rini, pelancong asal Indonesia pergi ke Thailand, dan ingin berbelanja, Rini bisa langsung melakukan pembayaran dengan cukup scan code yang tersedia. Jadi Gopay, DANA, OVO, Shopeepay, BCA Mobile, CIMB Octo, BNI Mobile atau aplikasi yang sudah mendukung QRIS bisa digunakan di negara tersebut," ungkapnya.

Hal ini juga berlaku bagi para wisatawan dari Thailand yang ingin berbelanja di Indonesia. Dengan adanya QRIS, mereka tidak perlu untuk menukarkan mata uangnya, yakni baht ke rupiah.



"Para wisatawan akan dimudahkan ketika berbelanja di masing-masing negara dengan QRIS cross border ini," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)