Cair hingga Desember, Ini Cara Mendapatkan Bansos Akhir Tahun

Minggu, 05 Desember 2021 - 10:38 WIB
loading...
Cair hingga Desember, Ini Cara Mendapatkan Bansos Akhir Tahun
Jelang tutup tahun, masyarakat perlu mengetahui cara mendapatkan bansos di bulan Desember 2021 ini. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Jelang tutup tahun, masyarakat perlu mengetahui cara mendapatkan bansos di bulan Desember 2021 ini. Bantuan sosial atau bansos yang digulirkan hingga akhir tahun terdiri dari uang tunai, sembako hingga diskon listrik.

Pencairan bansos dilakukan dalam waktu sebulan penuh. Masyarakat yang memenuhi syarat akan mendapatkan bansos berupa BLT Rp300.000 hingga Rp1,2 juta.

Adapun bansos tersebut berasal dari anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 klaster perlindungan sosial. Berikut cara mendapatkan bansos akhir tahun yang dirangkum MNC Portal Indonesia (MPI) di Jakarta, Minggu (5/12/2021).



1. Stimulus Listrik

Sampai Desember 2021, PT PLN (Persero) memberikan stimulus berupa diskon tarif listrik sebesar 50% untuk pelanggan yang telah ditetapkan. Diskon tersebut diberikan kepada pelanggan kelompok rumah tangga 450-900 VA, bisnis, dan industri kecil. Adapun penerima dapat mengecek bantuan tersebut melalui aplikasi PLN Mobil atau laman https://portal.pln.co.id.

2. BLT Desa

Penambahan pencairan BLT Desa oleh pemerintah juga ditargetkan tersalurkan pada awal Desember. Bantuan ini merupakan program yang didorong pemerintah dengan top up BLT desa sebesar Rp300 ribu dikali tiga bulan. Adapun, sasarannya adalah 694 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Cara agar dapat bantuan BLT Dana Desa Rp 900 ribu yaitu dengan mengajukan diri kepada dinas terkait untuk direkomendasikan mendapatkan bantuan BLT Dana Desa.

3. Kartu Sembako

Program kartu sembako ditambah Rp300 ribu hingga tiga bulan sejak November 2021. Pencairan ditargetkan akan dilakukan pada awal atau akhir Desember ini dengan jumlah sekitar Rp1,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pendaftaran peserta KPM dilakukan oleh Kementerian Sosial.

"Jumlahnya nanti menurut ibu mensos sekitar 1,4 juta dan ini akan dilaksanakan di akhir atau di awal Desember. Dan kemudian akan ada survei khusus Susenas kemiskinan di bulan Desember,” ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Kamis (18/11/2021).



4. BLT PKL

BLT Pedagang Kaki Lima (PKL) bakal kembali disalurkan senilai Rp1,2 juta per pedagang atau pemilik warung. Bantuan ini menyasar satu juta PKL dan pemilik warung terverifikasi yang bisa mengambil bantuannya di Kantor Polres atau Kodim setempat.

Adapun BLT PKL adalah Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang masuk dalam Klaster Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program ini menyasar 1 juta PKL hingga akhir tahun 2021.

5. BLT Subsidi Gaji

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp1 juta baru akan rampung disalurkan pada pertengahan bulan Desember 2021. Untuk itu, pekerja yang telah terdaftar di BSU diimbau agar segera mengaktivasi akun rekening kolektif bank Himbara.



Untuk mengetahui status penyaluran BSU, masyarakat dapat mengunjungi bsu.kemnaker.go.id. Kemudian, buat akun pada situs. Selanjutnya, kunjungi menu profile atau melalui profile.kemnaker.go.id untuk melihat notifikasi penyaluran BSU.

BSU saat ini bisa didapatkan oleh seluruh pekerja di Indonesia, tak lagi terbatas hanya untuk pekerja terdampak PPKM level 3 dan level 4. Aktivasi akun ditargetkan terakhir pada 15 Desember mendatang.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)