Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru di Bidang Digital

Kamis, 09 Desember 2021 - 12:01 WIB
loading...
Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru di Bidang Digital
Digitalisasi ciptakan 10 lapangan kerja baru. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan semakin meningkat di Indonesia. Untuk itu ia mendorong Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) agar dapat memanfaatkan peluang yang ada.



10 jenis pekerjaan tersebut dikutip Johnny dari Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum Tahun 2021. 10 jenis pekerjaan itu adalah data analyst and scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration manager, serta business development professional.

“STTM saya harapkan mampu merespons dengan tangkas proyeksi (pekerjaan baru), dengan penyiapan sumber daya yang padu dengan kebutuhan sumber daya manusia nasional di era digital," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Menghadapi era revolusi industri 4.0, Menkominfo selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional. Dia pun mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah.

Menkominfo menekankan agar STMM dapat mengembangkan kolaborasi dengan perguruan tinggi nasional dan global terkemuka.



“Perjalanan menuju kesiapan tersebut hendaknya dilakukan secara kolaboratif, baik dengan perguruan tinggi nasional maupun dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, perguruan tinggi terkemuka lain di tingkat global,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3236 seconds (0.1#10.140)