Gubernur BI Beberkan 4 Jurus Majukan Pembayaran Digital

Sabtu, 11 Desember 2021 - 14:30 WIB
loading...
Gubernur BI Beberkan 4 Jurus Majukan Pembayaran Digital
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan untuk mengembangkan pembayaran digital dibutuhkan infrastruktur. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebutkan setidaknya ada empat faktor yang dibutuhkan untuk memajukan ekosistem pembayaran digital . Pertama adalah infrastruktur digital yang tersebar secara luas di seluruh Indonesia untuk menguatkan konektivitas.



"Tentu saja konektivitas digital (adalah) emas, tapi konektivitas digital juga tidak akan mungkin tanpa adanya market, sehingga harus bisa membawanya secara bersama," ujar Perry dalam Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu (11/12/2021).

Yang kedua, kata Perry, fintech tidak bisa bertumbuh sendirian karena fintech memiliki satu segmen market, namun butuh kolaborasi dengan digital banking. Fintech juga buth e-commerce sebagai pasar digital yang besar sehingga membutuhkan konektivitas yang kuat untuk mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045.

"Yang ketiga adalah reform, tahun ini kita sudah mengeluarkan reform di dalam digital payment system industri, izin menjadi mudah," sambung Perry.



Selanjutnya yang terahir Perry menyebut yang tidak kalah penting adalah literasi kepada masyarakat yang nantinya akan menjadi pengguna. Tidak hanya sekedar menggunakan teknologi yang ada, namun juga harus bisa mencari peluang untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)