Covid Renggut Nyawa 5,2 Juta Jiwa, Luhut Ungkap Ancaman Ngeri Lainnya

Senin, 13 Desember 2021 - 10:08 WIB
loading...
Covid Renggut Nyawa 5,2 Juta Jiwa, Luhut Ungkap Ancaman Ngeri Lainnya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan tantangan ekonomi hingga investasi di masa depan. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan perekonomian hingga iklim investasi di era baru. Tantangan yang dihadapi Indonesia ke depan akan lebih besar, mulai dari pandemi Covid, ancaman perubahan iklim hingga perang dagang Amerika Serikat dan juga Tiongkok.

“Kondisi perekonomian dan iklim investasi Indonesia sedang menghadapi era baru dengan tantangan yang begitu besar dan belum sama sekali kita pernah hadapi sebelumnya,” kata Menko Luhut melalui keterangan secara resmi, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Bernilai Rp2.044 T di 2025, Menko Luhut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Pertama, Menko Luhut menyatakan ancaman pandemi Covid-19 yang menjangkit lebih dari 268 juta orang dan menyebabkan lebih dari 5,2 juta korban jiwa di seluruh dunia. “Kedua, ancaman perubahan iklim semakin di depan mata. Kemudian yang ketiga, perubahan geopolitik dunia, terutama persaingan antara dua negara adidaya, Tiongkok dan Amerika Serikat,” urainya.

Perubahan dunia yang semakin dinamis dan begitu kompleks serta banyak tantangan begitu terdengar berat bagi Indonesia.

“Namun, saya ingin mengajak kita semua untuk terus bangkit, beradaptasi dan melihat potensi dari setiap tantangan yang dihadapi. Belajar dari pengalaman menangani Covid-19 telah mengajarkan bahwa kita mampu untuk beradaptasi,” tambahnya.



Sejak pertengahan Juni lalu, Indonesia dihadapkan pada situasi peningkatan kasus harian yang didorong oleh varian delta yang sangat cepat. “Dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat-Daerah, para ahli, tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan seluruh masyarakat, kebijakan tersebut mampu menurunkan kasus secara cepat,” tandas dia.

Meski demikian, Menko Luhut mengaku Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejauh ini, tidak dapat menghalangi niat Indonesia semua untuk terus belajar, menggali informasi dan mengembangkan apa yang ingin dicapai kedepan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)