Dukung Nol Emisi Karbon, Perusahaan Pembiayaan Juga Ikut Bergerak

Rabu, 15 Desember 2021 - 23:21 WIB
loading...
Dukung Nol Emisi Karbon, Perusahaan Pembiayaan Juga Ikut Bergerak
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial serta mendukung target nol emisi karbon yang dicanangkan pemerintah. Salah satu perusahaan keuangan dan pembiayaan di Indonesia, SMART Multifinance menggagas Back to Nature. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial serta mendukung target nol emisi karbon yang dicanangkan pemerintah. Salah satu perusahaan keuangan dan pembiayaan di Indonesia, SMART Multifinance menggagas program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan tema Back to Nature.

Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama dengan LindungiHutan. Di tahun 2021, SMART Multifinance melakukan kegiatan penanaman 150 bibit mangrove, yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Dalam kegiatan tersebut, President Director PT SMART Multifinance, Petrus Denny Ariiawan. B, juga turut hadir.

“Dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, kami ingin lebih aktif untuk menjaga kelestarian bumi. Sebagai langkah pertama, kami akan mengadakan reboisasi hutan mangrove sebagai wujud keikutsertaan kami dalam pelestarian lingkungan hidup,” katanya.



Sebagai informasi, Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan wilayah yang menjadi benteng abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai utara Jakarta. Saat ini, Pantai Indah Kapuk memiliki kawasan wisata hutan mangrove, dengan luas mencapai 99 hektar.

Selain itu, 40 persen lahan juga digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami. Namun begitu, kondisi Jakarta masih tetap rawan banjir, karena resapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut. Kini, daratan Jakarta ada di bawah permukaan laut.

Dalam kegiatan CSR bersama LindungiHutan, SMART Multifinance melakukan kampanye alam, dengan menanam pohon Mangrove Rhizophora, yang dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau, sehingga mencegah intrusi air laut ke daratan.



Lebih lanjut, Mangrove Rhizophora memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia, yang berpotensi mencemari laut. Penanaman Mangrove di wilayah ini merupakan langkah pertahanan terhadap risiko bencana banjir di Jakarta.

“Program CSR seperti ini kami harapkan bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat sekitar kawasan, dan tentunya masyarakat Kota Jakarta. Selain itu, kami juga mendukung program pemerintah agar Indonesia tetap menjadi penyerap karbon terbesar di dunia,” ujar Petrus Denny Ariiawan. B.

Dilangsungkan pada Jumat (10/12), kegiatan CSR SMART Multifinance juga dihadiri oleh Tika, perwakilan dari komunitas LindungiHutan. Serta, turut dihadiri juga oleh pengelola kawasan hutan mangrove Pantai Indah Kapuk.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)