Kredit Perbankan Tumbuh 4,73%, Sinyal Dunia Usaha Mulai Pulih

Kamis, 16 Desember 2021 - 18:23 WIB
loading...
Kredit Perbankan Tumbuh 4,73%, Sinyal Dunia Usaha Mulai Pulih
Data Bank Indonesia (BI) memperlihatkan adanya pertumbuhan kredit perbankan pada November 2021 untuk menjadi sinyal pemulihan dunia usaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Data Bank Indonesia (BI) memperlihatkan adanya pertumbuhan kredit perbankan pada November 2021 untuk menjadi sinyal pemulihan dunia usaha . Tercatat, Intermediasi perbankan terus membaik dengan pertumbuhan kredit sebesar 4,73% (yoy).

"Pertumbuhan kredit lebih merata pada semua jenis penggunaan, baik kredit modal kerja, kredit investasi maupun kredit konsumsi, yang masing-masing tumbuh 5,38% (yoy), 4,30% (yoy), dan 4,11% (yoy)," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis(16/12/2021).

Baca Juga: Hindarkan Masyarakat dari Jerat Pinjol, LaNyalla Minta Akses Kredit Bank Dipermudah

Dari sisi sektoral, pertumbuhan kredit juga lebih broad based di hampir seluruh sektor perekonomian dan UMKM, mengindikasikan meningkatnya permintaan kredit sejalan dengan pemulihan aktivitas dunia usaha.

"Dari sisi penawaran, Bank Indonesia terus menempuh kebijakan makroprudensial longgar, sementara perbankan menurunkan standar penyaluran kredit seiring dengan menurunnya persepsi risiko kredit," ungkap Perry.

Diterangkan ketahanan sistem keuangan tetap terjaga dan fungsi intermediasi perbankan melanjutkan perbaikan secara bertahap. Baca Juga: Transaksi Digital Perbankan Diproyeksi Capai Rp48.600 Triliun di 2022

Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio / CAR) perbankan Oktober 2021 tetap tinggi sebesar 25,30%, dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan / NPL) tetap terjaga, yakni 3,22% (bruto) dan 1,02% (neto).

Perry juga menyebutkan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas lainnya di sektor keuangan untuk mendorong lebih lanjut peningkatan kredit dan pembiayaan perbankan kepada dunia usaha. Terutama dari sisi permintaan sejalan dengan meningkatnya kegiatan ekonomi.
(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2129 seconds (11.252#12.26)