Bukti Peran Aktif Sampoerna Memitigasi Pandemi dan Mengurangi Limbah

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:09 WIB
loading...
Bukti Peran Aktif Sampoerna Memitigasi Pandemi dan Mengurangi Limbah
Peran aktif mengurangi limbah plastik dari produknya, yaitu puntung rokok, melalui peningkatan kesadaran serta kerja sama multisektor yang dilakukan Sampoerna berbuah penghargaan bergengsi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) meraih penghargaan dalam ajang paling bergengsi di Asia untuk program tanggung jawab sosial dan tata kelola perusahaan, The Global CSR Award dan The Global Good Governance Award.

Penghargaan kategori CSR Leadership Award diberikan atas peran aktif Sampoerna dalam memitigasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Serta Best Community Programme Award atas upaya Sampoerna mengurangi limbah plastik dari produknya, yaitu puntung rokok, melalui peningkatan kesadaran serta kerja sama multisektor.

Baca Juga: Sampoerna Rogoh Rp2 Triliun Bangun Pabrik Rokok Bebas Asap di Karawang

Penghargaan ini diserahkan secara virtual pada 16 November 2021 oleh perwakilan The Global CSR Award dan The Global Good Governance Award. Sampoerna merupakan satu dari 50 perusahaan terpilih dari mancanegara, termasuk Indonesia, yang menerima pengakuan dari lembaga penilai CSR internasional ini.

Sebelumnya, penyelenggara ajang ini telah menyeleksi dan mengevaluasi sekitar 350 peserta lewat serangkaian proses yang dijalankan secara akuntabel.

Presiden Direktur Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan para pemangku kepentingan terhadap upaya Sampoerna dalam menjalankan Falsafah Tiga Tangan yang merepresentasikan kepentingan para konsumen dewasa, karyawan dan mitra usaha, serta masyarakat luas dalam setiap pengambilan keputusannya.

"Mempertimbangkan dampak luas dari pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia, kami senantiasa berupaya memastikan kesejahteraan karyawan, mitra usaha, dan masyarakat melalui sejumlah inisiatif di bawah program 'Sampoerna untuk Indonesia', yang berlandaskan Falsafah Tiga Tangan," kata Mindaugas.

Sepanjang tahun 2020, Sampoerna telah menyalurkan bantuan sekitar Rp 80 miliar untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah mendukung Gerakan Pakai Masker, mendukung pencapaian kekebalan komunal melalui vaksinasi termasuk Vaksin Gotong Royong, donasi alat kesehatan maupun alat pelindung diri (APD), serta inisiatif untuk mendukung UMKM agar dapat bertahan dan bertumbuh selama pandemi.

Lebih lanjut, dukungan terhadap para pelaku UMKM diantaranya termasuk dalam bentuk sosialisasi protokol kesehatan serta edukasi transformasi usaha dari luar jaringan (offline) menjadi dalam jaringan (online) bagi mereka yang tergabung dalam Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Sampoerna Retail Community (SRC).

"Sampoerna senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan usaha para wirausahawan/pelaku UMKM dan ekonomi digital secara terpadu dan menyeluruh sehingga mereka menjadi lebih produktif, mandiri, dan berdaya saing. Sampoerna berharap upaya ini dapat menggerakkan roda perekonomian bangsa dan turut mewujudkan kemandirian UMKM di Indonesia," kata Mindaugas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1335 seconds (11.210#12.26)