Optimalkan Inovasi, Sampoerna Raih INDI 4.0 Award dari Kemenperin

Sabtu, 18 Desember 2021 - 07:37 WIB
loading...
Optimalkan Inovasi, Sampoerna Raih INDI 4.0 Award dari Kemenperin
Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Elvira Lianita menerima penghargaan INDI 4.0 Award 2021 di Kementerian Perindustrian pada 2 Desember 2021. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) memberikan INDI 4.0 Award kepada PT HM Sampoerna Tbk. ( Sampoerna ) dalam kategori Supply Chain Management.

Sampoerna dipandang mampu mengedepankan inovasi dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi industri 4.0 seperti big data, artificial intelligence, internet of things, dan realtime monitoring dalam mendukung proses logistik dan manajemen rantai pasok dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Bukti Peran Aktif Sampoerna Memitigasi Pandemi dan Mengurangi Limbah

Pada tahun ini, Sampoerna merupakan satu-satunya perusahaan tembakau yang menerima penghargaan dalam ajang bergengsi tersebut.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Sampoerna Elvira Lianita pada acara penganugerahan INDI 4.0 Award 2021 yang digelar Kamis, 2 Desember 2021 di Kementerian Perindustrian.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, salah satu aspek dalam strategi dan kebijakan Kementerian Perindustrian, yaitu peningkatan daya saing melalui penerapan teknologi industri 4.0.

Sejak tahun 2019, Kemenperin telah meluncurkan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dan melakukan asesmen INDI 4.0 yang mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pengukuran Tingkat Kesiapan Industri dalam Bertransformasi Menuju Industri 4.0.

“Melalui acara penganugerahan INDI 4.0 Award, Pemerintah memberikan apresiasi dan menunjukkan kepada masyarakat dan dunia atas perkembangan implementasi industri 4.0 di Indonesia yang pesat,” tutur Menperin.

Selain itu, hasil INDI 4.0 menunjukkan pencapaian perjalanan transformasi industri 4.0 di perusahaan manufaktur yang berdampak positif pada bisnisnya.

“Salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional adalah melalui akselerasi transformasi industri 4.0 di Indonesia,” imbuh Agus Gumiwang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1696 seconds (11.97#12.26)