Menuju Warisan Dunia, UMKM Didorong Terus Melestarikan Kebaya

Kamis, 23 Desember 2021 - 18:36 WIB
loading...
Menuju Warisan Dunia, UMKM Didorong Terus Melestarikan Kebaya
UMKM didorong untuk terus melesatarikan kebaya sebagai busana tradisional warisan Indonesia. FOTO/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Kebaya adalah warisan budaya Indonesia yang dipercaya sudah ada sejak zaman leluhur. Para perempuan yang berada di berbagai daerah di Indonesia sejak dulu memakai kebaya, sehingga kebaya memiliki arti mendalam dan bersejarah.

Founder Perhimpunan Kebayaku, Nunun Daradjatun mengatakan akan mendaftarkan kebaya ini sebagai warisan dunia tak benda kepada UNESCO .

"Kita ingin daftarkan kebaya ke UNESCO, jadi biar tidak seperti kain Songket," kata Nunun di Jakarta, Kamis (23/12/2021).



Dalam menuju sebagai warisan dunia asal Indonesia, UMKM didorong untuk terus melesatarikan kebaya sebagai busana tradisional warisan Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar kebaya lebih dikenal masyarakatluas sebagai warisan aseli dalam negeri.

"Kita tentu juga bekerjasama dengan UMKM di Indonesia dalam memperkenalkan, kalau Kebaya itu dari Indonesia jadi tidak mudah diklaim oleh negara lainnya," katanya.

Selain itu, pembelian kebaya juga semakin meningkat di masa pandemi. Hal ini dikarenakan banyak sarjana dan para generasi milenial menggunakan kebaya.

"Tentu penjualan kebaya juga meningkat. Walaupun lagi pandemi, kebaya ini peminatnya banyak jadi umkm yang menjual kebaya tidak rugi," bebernya.



Selain itu dalam memperingati Hari Ibu, para penggiat perempuan yang tergabung dalam Perhimpunan Kebayaku, gelar parade fashion kebaya karya anak bangsa dan talk show seputar kebaya. Tidak tanggung-tanggung, desainer Musa Widyatmodjo yang sudah 30 tahun malang melintang di dunia fashion Indonesia, dihadirkan untuk mengupas tuntas perjalanan kebaya hingga trendnya di era milenial.

"Konsep acara ini adalah menikmati sore yang indah bersama Perhimpunan Kebayaku sambil menambah wawasan dengan berbincang tentang kebaya Indonesia dari masa ke masa yang disampaikan oleh fashion designer Musa Widyatmodjo. Di acara ini kami juga menampilkan parade kebaya dari para tamu yang hadir," tutur

Nunun Daradjatun menjelaskan, membahas subjek yang menarik untuk dikupas dengan serius, yaitu tentang kebaya mulai dari sejarah, pakem sampai model kekiniannya.

"Harapan kami adalah mengajak kaum perempuan Indonesia bersama mencintai kebaya sebagai warisan nenek moyang kita, dan jangan ragu untuk mengenakannya dalam keseharian. Apalagi saat berkebaya, perempuan Indonesia semakin menawan dan cantik," ungkapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)