Karantina Repatriasi Lebih Mudah dengan Pemesanan Hotel Online

Jum'at, 24 Desember 2021 - 23:43 WIB
loading...
Karantina Repatriasi Lebih Mudah dengan Pemesanan Hotel Online
Petugas merapikan salah satu kamar di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jakarta, Rabu (3/11/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp
A A A
JAKARTA - Kebijakan karantina selama 10 hari bagi masyarakat yang baru bepergian dari luar negeri sempat menimbulkan kehebohan beberapa waktu lalu karena ribuan orang di bandara Soekarno-Hatta harus menunggu sampai 15 jam untuk masuk fasilitas karantina gratis dari pemerintah. Padahal di sisi lain, bagi kaum yang mampu seharusnya melakukan karantina mandiri di hotel dengan biaya sendiri.

Terkait hal ini, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah menyiapkan hotel-hotel di kawasan Jabodetabek yang dapat digunakan sebagai tempat karantina mandiri usai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Koordinator Hotel Repatriasi PHRI Vivi Herlambang mengatakan, masyarakat yang bepergian ke luar negeri saat libur Natal dan Tahun Baru, sebelum kembali ke Tanah Air hendaknya terlebih dulu melakukan booking atau pemesanan hotel karantina.



"Kami sarankan memang yang mau bepergian ke luar negeri melakukan booking dulu karena hotelnya juga sudah ada. Jadi, waktu kembali ke Indonesia sudah ada tempat untuk karantina," ujarnya pada diskusi virtual, dikutip Jumat(24/12/2021).

Cara pemesanannya pun mudah, cukup mengunjungi situs www.quarantinehotelsjakarta.com, di sana terdapat pilihan hotel mulai kelas bintang 2 sampai luxury hotel yang menyediakan layanan karantina mandiri.

Vivi mengungkapkan, total kamar yang disiapkan PHRI saat ini sebanyak 16.588 kamar di wilayah Jabodetabek yang terdiri dari 135 hotel mulai hotel bintang 2 sampai 5 serta luxury hotel.

"Saat ini baru 56% yang terisi, sehingga masih ada 44% lagi yang masih bisa diisi atau 7.000-an kamar. Jadi, jangan khawatir untuk jumlah kamar kami cukup," ucapnya.



Vivi menjelaskan, tarif hotel untuk karantina bervariasi. Untuk hotel bintang 2 harga berkisar Rp6.750.000-Rp7.240.000. Sedangkan hotel bintang 3 dibanderol Rp7,74 - Rp9,17 juta.



Selanjutnya untuk hotel bintang 4 harganya di kisaran Rp9,25 - Rp11,42 juta dan hotel bintang lima Rp12,42 - Rp16 juta. Sedangkan untuk Luxury Hotel tarifnya berkisar Rp17 - Rp21 juta.

Vivi menjelaskan harga hotel-hotel tersebut sudah termasuk paket karantina seperti menginap selama 9 hari 10 malam, 3 kali makan, laundry pakaian, akomodasi dari bandara ke tempat hotel, tes PCR 2 kali, serta tenaga kesehatan yang berjaga di hotel.
"Boleh dilakukan booking langsung, dan kita mencatat juga saat ini sudah ada yang booking untuk bulan Januari," bebernya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)