RS Siloam-Pengembang Tanjung Bunga Lakukan Rapid Test Massal Covid-19

Selasa, 09 Juni 2020 - 16:43 WIB
loading...
RS Siloam-Pengembang Tanjung Bunga Lakukan Rapid Test Massal Covid-19
Rapid test massal Covid-19 kepada seluruh personil awak pesawat yang bertugas di Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - RS Siloam Makassar yang merupakan jaringan RS yang dikelola PT Siloam Hospitals Tbk dan PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk yang merupakan pengembang kawasan Tanjung Bunga melakukan rapid test massal Covid-19. Rapid test dilakukan kepada seluruh personil awak pesawat/air crew yang bertugas di Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin.

"Kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif," ujar Wadirut Siloam, Caroline Riady dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/6/2020).

Dengan demikian, lanjut dia, bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

(Baca Juga: Siloam Hospitals Bantu 1.000 VTM Swab ke Dinkes Kota Surabaya)

Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. "Siloam terus mengupayakan diri siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan Covid-19," tuturnya.

Direktur RS Siloam Makassar dr. Herry Bertus menambahkan, RS Siloam telah meningkatkan tiga 30% kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar.

Selain itu Laboratori RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan.

Pengembang Tanjung Bunga dan RS Siloam Makassar memberikan 250 rapid test kits dan melaksanakan testing rapid test secara masal di lokasi Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin.

"Kami menghargai inisiatif dan kerja sama dengan Pengembang Tanjung Bunga dan Kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini," ujar Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin Marsekal Pertama TNI H Haris Haryanto.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)