36 Event dan Bakal Kedatangan Ribuan Delegasi, Erick Thohir Cek Kesiapan KTT G20

Rabu, 29 Desember 2021 - 15:57 WIB
loading...
36 Event dan Bakal Kedatangan Ribuan Delegasi, Erick Thohir Cek Kesiapan KTT G20
Menteri BUMN Erick Thohir mencatat ada 36 event yang akan diadakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Bali Pada 2022 mendatang. Saat ini sejumlah persiapan tengah digodok pemerintah. Foto/Dok
A A A
BALI - Menteri BUMN, Erick Thohir mencatat ada 36 event yang akan diadakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 ( KTT G20 ) di Bali Pada 2022 mendatang. Saat ini sejumlah persiapan tengah digodok pemerintah.



Erick Thohir menyebut, ke 36 event itu berorientasi pada pemulihan ekonomi nasional dan lokal di kawasan tersebut. Sementara itu, dia memperkirakan ada ribuan delegasi yang berasal negara-negara anggota forum kerja sama ekonomi global itu, yang mengunjungi Bali.

"Buat Bali dikasih G20 oleh Bapak Presiden, yang tadinya bukan di Bali, dikasih G20. Artinya apa? Ini akan ada event yang sangat besar yang diprioritaskan di Bali untuk supaya apa? Ekonomi Bali bangkit, jumlah eventnya 36 event. Yang datang ribuan, jadi kita harus bersiap-siap," ujar Erick Thohir, Rabu (29/12/2021).

Mengutip data Kementerian Keuangan, sebagai Presidensi KTT G20, Indonesia mendapatkan kesempatan dalam menentukan desain arah kebijakan pemulihan ekonomi global. Adapun dua arus isu utama yang dibahas kepala negara anggota KTT G20 meliputi Finance Track dan Sherpa Track.

Finance Track terkait isu ekonomi dan keuangan, sementara Sherpa Track membahas lebih luas seperti perubahan iklim, perdagangan, energi, geopolitik, dan isu penting lainnya. Pada Finance Track, agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia yang akan dibahas di antaranya, Exit strategy berupa global policy untuk melindungi negara-negara yang masih berupaya memulihkan perekonomian.



Upaya mengatasi scarring effect yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan pada berbagai sektor. Lalu standar pembayaran lintas batas negara dan prinsip-prinsip pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC). Kemudian, risiko iklim dan risiko transisi menuju ekonomi rendah karbon dan mengimplementasikan sustainable finance

Open banking untuk mendorong produktivitas serta mendukung ekonomi dan keuangan yang inklusif (Digital Financial Inclusion), kemudian perpajakan internasional.

Pemerintah memandang, Presidensi G20 Indonesia 2022 bukanlah satu-satunya ajang untuk mengupayakan pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan perekonomian Indonesia. Namun, kerjasama membangun kolaborasi dan inovasi untuk mendukung transformasi ekonomi dan transformasi struktural pada berbagai sektor.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)