Mendag Beberkan Mekanisme Subsidi Minyak Goreng Curah

Jum'at, 31 Desember 2021 - 07:41 WIB
loading...
Mendag Beberkan Mekanisme Subsidi Minyak Goreng Curah
Menteri Perdagangan atau Mendag, Muhammad Lutfi membeberkan mekanisme subsidi minyak goreng curah sebagai upaya menekan harga yang terus melonjak naik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mengatasi tingginya harga minyak goreng curah , uji coba subsidi tengah dilakukan oleh pemerintah. Menteri Perdagangan atau Mendag, Muhammad Lutfi menyebut subsidi minyak goreng ini akan diberikan dengan menggunakan dana pungutan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

"Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian akan beri subsidi dari BPDP KS, sedang dalam proses karena kita sudah uji coba mekanisme subsidi," ujar Mendag Lutfi di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (30/12/2021).



Selain itu, dia juga mengatakan bahwa penjualan minyak goreng seharga Rp 14.000 per liter kepada masyarakat merupakan cara lainnya dalam meningkatkan daya beli. Minyak tersebut akan digelontorkan sebanyak 11 juta liter di sejumlah toko ritel modern.

"Minyak goreng, kita sudah intervensi 11 juta liter akan kita gelontorkan di (harga) R p14.000 supaya tercapai daya beli masyarakat," kata Lutfi.



Selain minyak goreng, Mendag juga tidak menapik kenaikan harga komoditas juga terjadi pada telur ayam. Menurutnya, hal ini di picu oleh geliat industri hotel, restoran dan katering yang mulai aktif memanfaatkan telur ayam sebagai bahan pangan yang dibutuhkan.

Tak hanya karena itu, naiknya harga telur ayam juga disebabkan menipisnya stock yang telah digunakan untuk bantuan sosial sebelumnya. Meski begitu, Lutfi berujar bahwa harga telur ayam yang melonjak tidak akan lama. Melainkan akan turun pada Januari 2022 mendatang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)