Dorong Kesetaraan Gender dan Kontribusi Perempuan, PT KBI Bentuk Srikandi BUMN

Senin, 03 Januari 2022 - 11:11 WIB
loading...
Dorong Kesetaraan Gender dan Kontribusi Perempuan, PT KBI Bentuk Srikandi BUMN
Launching Srikandi BUMN KBI. (ki-ka): Fajar Wibhiyadi (Direktur Utama PT KBI), Agung Rihayanto (Direktur PT KBI), dan Fuji Dwi Nur Fitri, (Ketua Arkadewi) tengah berbincang di sela-sela peluncuran Arkadewi di Jakarta, 31 Desember 2021. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) secara resmi meluncurkan Srikandi BUMN-nya. Pembentukan komunitas perempuan KBI yang bernama Arkadewi ini, merupakan upaya KBI untuk mendorong kontribusi perempuan dan kesetaraan gender .



"Selain itu, komunitas ini dalam rangka mendukung perempuan untuk berkarya dan berprestasi di BUMN, yang dapat saling mendukung, membangun kapabilitas, serta mampu beradaptasi serta menjaga keseimbangan perannya," kata Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/1/2022).

Sementara itu, Fuji Dwi Nur Fitri, Ketua Arkadewi KBI, mengatakan, untuk mendukung kontribusi perempuan dan kesetaraan gender tersebut, beberapa misi akan dijalankan Arkadewi. Pertama, pengembangan jiwa kepemimpinan perempuan KBI agar menjadi insan yang profesional, militan dan mandiri. Kedua, peningkatkan kompetensi, jiwa inovasi, dan digital mindset dalam menghadapi industri 4.0.

"Ketiga, mendukung program srikandi BUMN dalam mewujudkan kesetaraan gender dan kesetaraan pengembangan karir di lingkup perusahaan dan BUMN pada umumnya,” jelas Fuji.

Pembentukan Arkadewi di KBI merupakan langkah nyata KBI dalam mengikuti arahan Menteri BUMN tentang pembentukan srikandi BUMN. Selain itu, dengan adanya Srikandi BUMN di KBI ini juga dalam upaya untuk pencapaian sustainable development goals, khususnya di tujuan ke-5, yaitu untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Dalam tujuan ke-5 itu akan dipastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dan mendapat kesempatan yang sama untuk kepemimpinan pada semua level pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi, dan publik.



Upaya yang dilakukan KBI ini sejalan dengan program pemerintah terkait kesetaraan gender. Beberapa waktu lalu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga menyebut bahwa tingkat kesetaraan gender di Indonesia masih rendah. Data dari dari indeks kesetaraan gender yang dirilis Badan Program Pembangunan PBB (UNDP) pun menyebutkan Indonesia berada pada peringkat 103 dari 162 negara, atau terendah ketiga se-ASEAN.

Saat ini KBI memiliki 52 karyawan dan 30% di antaranya adalah perempuan milenial. Bahkan salah satu dari lima kepala divisi di KBI adalah perempuan. Adanya perempuan dalam jajaran kepala divisi di KBI ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN meningkatkan keterwakilan perempuan di jajaran BoC, BoD dan BoD-1 BUMN, yaitu dengan target 15% di tahun 2021 dan mencapai 25% pada tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5181 seconds (0.1#10.140)