Bio Farma Siap Uji Klinis Vaksin Corona Mulai Juli Mendatang

Rabu, 10 Juni 2020 - 14:08 WIB
loading...
Bio Farma Siap Uji Klinis Vaksin Corona Mulai Juli Mendatang
Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) berencana memproduksi vaksin virus corona (Covid-19). Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan pihaknya siap melakukan uji klinis vaksin Covid-19 di Indonesia mulai Juli 2020 mendatang.

Uji klinis vaksin Covid-19 ini akan dikembangkan Bio Farma bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad).

"Uji klinis fase ketiga nanti kita lakukan bersama dengan FK Unpad. Rencananya dimulai bulan Juli 2020," ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Honesti menjelaskan uji klinis vaksin ini akan diujicobakan langsung ke manusia untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya dalam mencegah virus tersebut menginfeksi inangnya. Untuk produksinya masih menunggu arahan Kementerian Kesehatan

"Langsung ke manusia, kita untuk produksi harus disesuaikan dengan program pemerintah (Kemenkes)," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Indonesia membutuhkan jumlah vaksin Covid-19 sangat besar yaitu 340 juta ampul untuk 170 juta jiwa dengan asumsi setiap orang mendapat dua ampul. Airlangga menyampaikan, hal ini dalam diskusi daring bersama Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PP ISEI).

"Apabila 170 juta masyarakat, maka butuh minimal terkena dua kali shot. Jadi, minimal kita butuh 340 juta vaksin," katanya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)