Alvin Lie: Waspada! Omicron Ikut Naik Pesawat Pelancong dari Luar Negeri

Senin, 10 Januari 2022 - 10:53 WIB
loading...
Alvin Lie: Waspada! Omicron Ikut Naik Pesawat Pelancong dari Luar Negeri
Pengamat Penerbangan Avin Lie. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pengamat Penerbangan Avin Lie mengungkapkan penyebaran Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus mengalami kenaikan. Sebab itu, perlu dievaluasi khususnya bagi pelaku perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Alvin Lie menyarankan kepada masyarakat khususnya bagi pelancong atau para pelaku perjalanan melaui udara agar sementara untuk tidak bepergian dan menunda perjalan ke luar negeri apabila tidak ada kepentingan mendesak.

“Omicron datang dari luar negeri yang menempel pada para pelaku perjalan luar negeri masuk ke Indonesia. Jadi sementara untuk ppln harus dipatuhi, jika tidak ada kepentingan yang mendesak sebaiknya tunda dulu jangan ada perjalanan ke luar negeri, kesehatan kita lebih penting ” kata Pengamat Penerbangan Avin Lie saat dihubungi MNC Portal, Senin (10/1/2022).



Menurutnya, Baik pelaku perjalanan baik melalui lintas perbataasan udara, darat dan juga laut khususnya pada pelaku penerbangan untuk dapat mematuhi sejumlah aturan yang berlaku oleh Pemerintah.

“Ya mulai dari tes PCR wajib hingga pengetatan protokol kesehatan dari sebelum dan sesudah keberangkatan di Indonesia harus dipatuhi dengan baik dan juga ikuti aturan karantina untuk melindungi sekitar kita,” ujarnya.

Pemerintah telah melakukan penutupan terhadap sejumlah pintu masuk kedatangan internasional untuk mengantisipasi masuknya virus Omicron dari 14 negara yang memiliki angka penyebaran yang tinggi.



“Ada 14 yang sebarannya meluas, bisa jadi nanti ditambah. Dan pemerintah diminta secara konsisten untuk terus memperketat untuk menegaskan tidak ada dispensasi soal karantina agar tak kebobolan kasus Omicron lagi,” pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)