Jelang MotoGP Mandalika, Begini Strategi Pengusaha Hotel Bikin Wisatawan Kerasan

Selasa, 11 Januari 2022 - 14:35 WIB
loading...
Jelang MotoGP Mandalika, Begini Strategi Pengusaha Hotel Bikin Wisatawan Kerasan
Sejumlah wisatawan di KEK Mandalika di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah menyiapkan sejumlah strategi agar wisatawan mancanegara menghabiskan waktu lebih lama selama ajang balap MotoGP 2022 di Mandalika.

Sekjen PHRI Maulana Yusran mengatakan, perhelatan MotoGP Mandalika selain berdampak positif bagi NTB, juga memberikan angin segar bagi Bali. Sebab, setelah menyaksikan gelaran MotoGP, hampir bisa dipastikan penonton akan ada yang berlibur ke Bali.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan hotel dan restoran senyaman mungkin bagi para wisatawan agar mereka nyaman pada saat datang dan bisa menikmati destinasi wisata di Mandalika maupun Bali.

"Dari sisi kuliner restoran ini juga paling penting. Bagaimana mereka bisa menikmati kekhasan daerah didukung banyak restoran atau kuliner yang ada di 2 destinasi tersebut. Itu destinasi yang besar yang memiliki daya tarik khusus bagi wisatawan," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (11/1/2022).



Maulana melanjutkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membangkitkan ekonomi kreatif daerah setempat.

"Kedua daerah ini memiliki khas dan budaya tersendiri yang bisa diangkat untuk dinikmati atau dibeli di bawa pulang dari souvenirnya cinderamata. Sektor ekonomi kreatif ini akan mempunyai peran yang cukup besar. Kami percaya pemerintah daerah sudah melakukan persiapan ini untuk melibatkan masyarakat khususnya sektor UMKM yang bisa bergerak," tuturnya.



Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan penonton MotoGP 2022 Mandalika mencapai 100.000 orang. Adapun ajang balap sepeda motor dunia itu akan berlangsung 18 - 20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Nusa Tenggara Barat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)