Masa Pandemi, Pilot Dituntut Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Selasa, 11 Januari 2022 - 17:44 WIB
loading...
Masa Pandemi, Pilot...
Pilot dituntut tingkatkan keselamatan penerbangan di masa pandemi. FOTO/Shutterstok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mengambil peran besar dalam pemulihan industri penerbangan dengan cara meningkatkan keselamatan di masa pandemi. Dengan jaminan keselamatan yang semakin meningkat industri penerbangan bisa pulih lebih cepat.

"Saya mengajak IPI turut memberikan sumbangsih kepada industri penerbangan agar segara recovery di masa pandemi. Sekarang tengah diusahakan pada masa pandemi agar bisa beradaptasi terhadap kondisi new normal. Oleh karena itu keselamatan sangat penting," ujar Budi saat membuka Kongres IPI VII 2022, Selasa (11/1/2022).



Tak hanya itu, pihaknya juga meminta IPI meningkatkan kolaborasi organisasi profesi lain untuk menjaga keselamatan penerbangan sehingga ekosistem penerbangan dapat pulih seperti yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua IPI, Capt. Rama Noya mendukung agar industri penerbangan lekas pulih. Ia pun berharap jam kerja pilot yang selama ini dipangkas bisa kembali normal dengan tetap menjaga profesionalitas dan terus mempertahan skill dan kompetensi. "Oleh karenanya IPI menyediakan training-training dan pelatihan bagi para pilot anggotanya," ungkap Rama.



Di sisi lain, pengurus IPI 2022-2025 sudah dikukuhkan. Sebagai ketua terpilih, Rama telah merumuskan program kerja yang berkaitan langsung dengan profesi pilot Indonesia, serta mempertahankan profesionalitas dari seluruh anggota.

"IPI jugaterus berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan regulasi dan ketentuan penerbangan di organisasi penerbangan dunia, terutama dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia," tandas dia.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)