Danamon tunggu keputusan BI terkait akuisisi

Senin, 16 Juli 2012 - 15:48 WIB
Danamon tunggu keputusan BI terkait akuisisi
Danamon tunggu keputusan BI terkait akuisisi
A A A
Sindonews.com - Rencana DBS bank mengakuisisi PT Bank Danamon Indonesia Tbk masih belum menemukan kejelasan. Mengenai hal tersebut karena masih menuggu kepastian dari Bank Indonesia (BI).

"Untuk DBS saya belum tahu. Kalian tanya saja ke mereka. Kita belum berbicara lagi dengan pihak BI, kita masih menunggu pengumuman dari BI akan hal ini," ungkap Presiden Direktur bank Danamon, Henry Ho kala ditemui dalam acara Strategic Partnership Launch Bank Danamon and Asuransi Jiwa Manulife Indonesia di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (16/7/2012).

Sebelumnya, BI pun tampaknya masih bingung dan belum memutuskan keputusan apapun terkait kelanjutan akuisisi saham Bank Danamon oleh DBS Group. "DBS-Danamon, saya enggak bisa ngomong. Ini sensitif terhadap harga sahamnya, apakah boleh atau enggak," ungkap Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah belum lama ini.

Halim menyebut, terkait dengan aturan kepemilikan saham di perbankan ini, masih ada beberapa hal yang membuat Bank Sentral bingung. Misalnya saja bila hanya manajemen pengelolaan bank saja yang diganti, tetapi pemiliknya tetap. Kasus seperti ini, Halim mengaku, kadang terjadi pada beberapa bank yang dimiliki private equity asing sehingga pengelolaannya dipercayakan ke pihak lain.

"Kalau ada satu bank dimiliki oleh satu pemilik. Pemilik lamanya mengganti kepengurusannya, apakah itu termasuk investor baru? Jadi dia enggak harus ganti, pemiliknya masih sama," tambah Halim.

Selain itu, Bank Sentral juga masih belum memutuskan jika ternyata ada satu holding yang memiliki beberapa bank dan kemudian membubarkan holding bank tersebut serta membuat holding bank baru. "Jadi soal Danamon ya tunggu dulu. Secara legal, karena pemilik sama tapi di tengah-tengah diubah itu bagaimana," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4224 seconds (0.1#10.140)