Gernas BBI Pacu Digitalisasi, Luhut: 17,2 Juta UMKM Sudah Go Digital

Rabu, 19 Januari 2022 - 11:16 WIB
loading...
Gernas BBI Pacu Digitalisasi, Luhut: 17,2 Juta UMKM Sudah Go Digital
Ilustrasi UMKM kerajinan rotan. Foto/Dok MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk merambah ekosistem digital. Setidaknya 30 juta UMKM ditargetkan untuk go-digital pada 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) mencatat sebanyak 17,2 Juta UMKM telah bergabung dalam ekosistem Gernas BBI.

Baca juga: Bantu UMKM Lewati Pandemi, Gernas BBI Siap Adopsi Teknologi

Sebagai informasi, Gernas BBI yang diluncurkan sejak pertengahan Mei 2020 ini menampilkan produk-produk unggulan UMKM lokal yang dipromosikan secara online.

“Sejak didirikan Gernas BBI, saat ini sudah mencapai 17,2 juta (UMKM yang masuk ranah digital) dari 30 juta target kita di tahun 2023 ,” kata Luhut dalam Peluncuran Gernas BBI di Jambi, Rabu (19/1/2022).

Dia menilai Gernas BBI ini dapat mendorong para pelaku UMKM khususnya menjadi tulang penggung perekonomian indonesia di kalangan bawah khususnya di daerah.



Baca juga: Wamenparekraf Angela Ajak Belanja dengan Voucher Stimulus BBI, Begini Langkahnya

“Jadi kalau kita semua bersama-sama, kita kompak, kita semua bergerak, tak usah terlalu banyak omong-omong pasti bisa,” tandasnya.

Ke depan, Luhut akan terus mendorong peningkatan jumlah UMKM dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) termasuk pelaku ekonomi kreatif yang masuk ke dalam ekosistem digital.



“Ekonomi di Indonesia ini juga seiring bisa berjalan dengan baik di tengah pandemi. Kinerja impor dan ekspor Indonesia tahun kemarin meningkat dan kita harus bangga,” tukasnya.
(ind)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3067 seconds (11.210#12.26)