Gairahkan Investasi Hulu Minyak dan Gas, Pemerintah Lelang 12 WK Migas

Kamis, 20 Januari 2022 - 07:56 WIB
loading...
Gairahkan Investasi Hulu Minyak dan Gas, Pemerintah Lelang 12 WK Migas
Pemerintah akan lelang 12 WK migas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian ESDM menyampaikan target kinerja tahun 2022 di sektor minyak dan gas (migas). Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, ada beberapa item yang menjadi target kinerja. Misalnya terkait wilayah kerja (WK), pemerintah akan menyiapkan penawaran atau lelang sejumlah 12 WK migas.

"Dari pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan akan menarik investor untuk berinvestasi dan membangkitkan kembali gairah kegiatan usaha hulu migas di Indonesia," kata Tutuka, dikutip Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Investasi Hulu Migas Sepanjang 2021 Merayap Capai Rp152 Triliun

Dia melanjutkan, pemanfaatan gas untuk domestik ditingkatkan ke angka 66%. "Kami akan terus berupaya menghasilkan kebijakan-kebijakan yang tepat dan memantau pelaksanaan kebijakan tersebut melalui kerja sama lebih erat dengan stakeholder," tuturnya.

Sementara itu terkait lifting migas, berdasarkan hasil Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, maka target lifting migas tahun 2022 dipatok sebesar 703 MBOPD dan lifting gas bumi sebesar 1.036 MBOEPD dengan ICP rata-rata sebesar USD63 per barel.

Baca juga: Mantan Menteri Ini Ramal Banyak Perusahaan Migas AS Bakal Hengkang dari RI, Ini Alasannya



Pemerintah juga optimistis kegiatan usaha migas dapat berangsur-angsur membaik, di mana investasi migas tahun 2022 ditargetkan sebesar USD17 miliar.

Selain itu, direncanakan pula penyesuaian harga gas untuk industri tertentu dan kelistrikan dengan memberikan keterjangkauan harga pada konsumen terus dipantau sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang lebih baik untuk tumbuhnya perekonomian nasional.

Pada tahun 2022, pembangunan infrastruktur migas juga masih akan terus dilaksanakan. Sesuai dengan hasil Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, disepakati pembangunan jargas di tahun 2022 ditargetkan sebanyak 40.000 sambungan rumah (SR).



Sementara kegiatan pendistribusian konverter kit untuk nelayan ditargetkan sebanyak 30.000 paket dan konverter kit untuk petani sebanyak 30.000 paket.

Di samping itu, tahun 2022 akan menjadi penanda dimulainya kegiatan pembangunan Pipa Transmisi Ruas Semarang-Batang sebagai bagian dari ruas Cirebon-Semarang.
Kebijakan penyediaan LPG 3 kg pun akan terus disempurnakan agar kebijakan tersebut dapat lebih tepat sasaran.
(ind)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3032 seconds (10.55#12.26)