2 kecamatan di Wajo ditetapkan jadi kawasan industri

Selasa, 31 Juli 2012 - 18:33 WIB
2 kecamatan di Wajo ditetapkan jadi kawasan industri
2 kecamatan di Wajo ditetapkan jadi kawasan industri
A A A
Sindonews.com - Kecamatan Pammana dan Kecamatan Maniangpajo dietetapkan sebagai kawasan Industri berat oleh Pemkab Wajo. Kedua kecamatam ini ditetapkan sebagai kawasan industri setelah disepakati sesuai dengan prospek.

"Kedua kecamatan ini telah ditetapkan karena berdekatan dengan pusat perekonomian dan juga adanya sejumlah industri berat yang sudah berjalan di wilayah itu," kata Kadis Tata ruang dan pemukiman kabupaten Wajo M Nasir kepada SINDO, Selasa (31/7/2012).

Dia menjelaskan, di Kecamatan Maniangpajo yang dipusatkan di Anabbanua, terdapat industri beras Rice Processing Complex (RPC) dan juga berdekatan dengan Energy Equity Epic Sengkang (EEES) yang berada di Kecamatan Gilireng.

"Sementara di Kecamatan Pamman yang dipusatkan di Patila, ada PT Eenrgi Sengkang," katanya. Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Wajo mengatakan untuk mengembangkan industri di Wajo. Pemkab bekerja sama dengan sejumlah investor untuk memanfaatkan lahan tandus dan kering untuk berproduksi dengan mengembangkan kelapa sawit di sembilan kecamatan yakni Keera, Pitumpanua, Sajoanging, Tanasitolo, Gilireng, Penrang, Bola, Takkalall dan Majauleng.

"Ada beberapa calon investor yang siap menanamkan modalnya di Wajo dalam hal pengembangan kelapa sawit, seperti PT Sinar Reksa Kencana, PT Unggul Sawitra Makmur, PT Citra Gilang Permai, PT Sumber Utama Sejahterah dan sejumlah investor lainnya," kata Asisten I Bidang ekonomi Pembangunan Wajo A. Sederhana.

Dia mengatakan sudah ada investor sawit yang saat ini sudah berjalan seperti PT Unggul Sawitra Makmur. Kendati demikian beberapa investor lainnya masih dalam tahap sosialisasi dan pencarian lahan. "Kami cuma berharap kepada semua investor dapat memperhatikan kewajiban, sehingga kesejahteraan masyarakat yang diinginkan dapat tercapai," katanya.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8704 seconds (0.1#10.140)