Deretan Pekerjaan yang Bakal Lenyap Tergilas Teknologi

Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:41 WIB
loading...
Deretan Pekerjaan yang Bakal Lenyap Tergilas Teknologi
Pilot bersiap menerbangkan drone untuk menyiram pupuk cair di lahan jambu kristal di pusat pengembangan pertanian ATP IPB University, Bogor, Sabtu (19/6/2021). Sistem bertani konvensional perlahan akan tergantikan oleh teknologi. ANTARA FOTO/Arif Firmansy
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan disrupsi atau gangguan terhadap sektor ketenagakerjaan. Tak dimungkiri teknologi telah banyak memunculkan pekerjaan dan profesi baru, namun di sisi lain tak sedikit juga jenis pekerjaan lama yang hilang.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai, hilangnya pekerjaan lama dan datangnya pekerjaan baru merupakan konsekuensi logis atas masifnya digitalisasi saat ini.

Baca juga: Kekhawatiran Erick Thohir: 12 Data Scientist Indonesia Dibawa ke Singapura, Gaji Lebih Besar

Pertanyaannya, kata dia, siapkah Indonesia dengan disrupsi teknologi?. Di sisi pembangunan infrastruktur, Erick mengakui Indonesia baru memulainya. Bahkan, dia memandang 2-3 tahun ke depan akan menjadi masalah bagi Indonesia bilamana infrastruktur digital tidak dimulai saat ini.

Menurut Erick, datangnya jenis pekerjaan baru erat kaitannya dengan kesiapan infrastruktur digital di dalam negeri. The second wave atau gelombang kedua teknologi memerlukan infrastruktur seperti data center, fiber optik, wifi masuk desa, dan lainnya.

"Karena itu kita dorong sekarang di pemerintahan, di kementerian, termasuk kami di Kementerian BUMN untuk melakukan pembangunan data center, fiber optik, wifi masuk desa, kenapa? hari ini kita menghadapi e-commerce, tapi the second wave sudah masuk, healthtech, edutech, fintech, infrastruktur itu yang diperlukan," beber Erick, dikutip Jumat (21/1/2022).



Baca juga: Gernas BBI Pacu Digitalisasi, Luhut: 17,2 Juta UMKM Sudah Go Digital

Dia pun menyebutkan beberapa jenis pekerjaan baru yang muncur diantaranya di sektor teknologi informasi dibutuhkan data scientist and analyst, big data engineer, software developer, dan artificial intelligence expert.

Di sektor bisnis dan digital, profesi yang naik daun diantaranya marketing ada blockchain developer, financial management, market research, digital marketing specialist. Lalu, di sektor kesehatan ada medical professional, medical teknologi, registered nurses, biotechnology and food engineering.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2071 seconds (11.252#12.26)