Pengen Makan Enak Tapi Deg-degan Gajian Masih Jauh, Gini Caranya

Jum'at, 21 Januari 2022 - 14:44 WIB
loading...
Pengen Makan Enak Tapi Deg-degan Gajian Masih Jauh, Gini Caranya
Ilustrasi dompet kosong. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Keuangan menipis di tengah bulan kerap menjadi masalah bagi sebagian orang. Pasalnya, saat gajian seringkali kalap belanja yang terkadang tidak perlu. Studi yang dilakukan oleh The Ascent menyatakan, di pertengahan bulan seharusnya Anda lebih pintar mengatur keuangan agar tetap bisa jajan hemat.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar Anda tetap bisa makan enak namun tetap hemat. Lantas, bagaimana tips berhemat di tengah bulan? Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (21/1/2022), berikut langkah-langkah menghemat uang yang wajib dicontoh:

1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Kedengarannya cukup mudah, tapi dalam praktiknya sering kali lewat jatuh tempo atau bayar di akhir bulan. Sekitar 41% orang tidak membayar tagihan tepat waktu dan hanya sekitar 14% orang yang membayar tagihan tepat waktu.



Sama halnya dengan masalah finansial lain. Anda harus membiasakan untuk menghabiskan uang sedikit sehingga Anda punya banyak uang di saldo ATM. Pada saat yang sama, jika Anda membayar tagihan tepat waktu, Anda tidak akan membayar biaya keterlambatan atau biaya bunga.

Jika Anda kerap kali lupa untuk membayar tagihan, siapkan pengingat atau manfaatkan teknologi agar melakukan pembayaran secara otomatis.

2. Batasi Diri untuk Berutang

Jika Anda mau menghindari dari kehabisan uang, hindarilah untuk berutang. Karena jika berutang tentu ada bunga yang harus dibayarkan. Setidaknya 7 dari 10 koresponden studi The Ascent terlilit utang sehingga membuat mereka boros.

Jika Anda punya kartu kredit, bayarlah tagihan itu setiap bulannya. Tapi jika Anda terpaksa untuk meminjam uang, carilah pinjaman yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)