Mafia Listrik Merajalela, Ini Cara Memberantasnya!

Minggu, 23 Januari 2022 - 11:35 WIB
loading...
Mafia Listrik Merajalela, Ini Cara Memberantasnya!
Pengamat menyebut pemilik kontrakan yang menggunakan listrik subsidi merupakan mafia listrik. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut adanya mafia dalam program subsidi listrik. Keberadaan mafia ini membuat subsidi listrik tidak tepat sasaran.

Baca juga: Kasus Omicron Tembus 2.604, Erick Thohir: Tetap Waspada Jangan Panik Berlebihan

Meski demikian, tidak jelas siapa mafia listrik yang disebutkan Erick tersebut. Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebutkan dua kemungkinan pihak yang dimaksud Erick.

"Apakah mafia ini para trader batu bara atau konsumen yang menggunakan tidak tepat sasaran? Kalau konsumen, saya kira tidak terlalu sulit memberantasnya," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (23/1/2022).

Menurutnya, PLN mempunyai sistem atau perwakilan sampai ketinggkat kecamatan, sehingga harusnya bisa lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap pengguna listrik.

"Misalnya orang-orang yang pasang listrik subsidi untuk kontrakan mereka yang berjejer yang dicabut. Disuruh pasang lagi dengan listrik non-subsidi," katanya.





Lalu, petugas PLN juga harus sering melalukan kontrol ke lapangan dan mengecek instalasi warga yang mencurigakan. Misalnya penggunaan banyak tapi pembayaran sedikit.

"Jangan-jangan ada yang curang dalam sistem instalasi rumah mereka," ungkapnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3283 seconds (11.210#12.26)