Deretan Fakta Lumpur Lapindo Mengandung Harta Karun Energi Super Langka

Senin, 24 Januari 2022 - 07:33 WIB
loading...
Deretan Fakta Lumpur Lapindo Mengandung Harta Karun Energi Super Langka
Rare earth element ini dikenal memiliki segudang manfaat untuk berbagai industri. Berikut fakta-fakta ditemukannya LTJ di lumpur Lapindo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki 'harta karun' energi yang potensial untuk mendukung transisi energi di masa depan. Badan Geologi Kementerian ESDM menyebut adanya kandungan mineral super langka bernama rare earth atau logam tanah jarang (LTJ) di lumpur Lapindo , Sidoarjo, Jawa Timur.



Rare earth element ini dikenal memiliki segudang manfaat untuk berbagai industri. Berikut fakta-fakta ditemukannya LTJ di lumpur Lapindo, ditulis Senin (24/1/2022).

1. Diteliti Sejak 2020

Eko mengatakan, studi untuk mempelajari kandungan logam ini sudah dimulai sejak 2020. Pihaknya melakukan studi di 9 lokasi dan salah satu lokasi yang ternyata menunjukkan adanya potensi logam ini adalah lumpur Lapindo.

"Jadi memang kami di tahun 2020 melakukan kajian logam tanah jarang ini dengan Puslitbang tekMIRA (Teknologi Mineral dan Batu bara) dan ini baru selesai akhir 2021," ujar Eko dalam konferensi pers, Jumat (21/1/2022).

2. Jumlahnya Belum Diketahui

Namun, jumlah logam langka belum diketahui secara pasti karena pihaknya masih mengintegrasikan temuan dengan Puslitbang tekMIRA Kementerian ESDM.

"Hasilnya masih dalam proses, ini kan baru selesai tahun 2021, jadi kalau sudah selesai menyeluruh akan disampaikan. Ini perlu ada integrasi data jika sudah selesai mudah-mudahan bisa diketahui berapa jumlah logam tanah jarang di Sidoarjo ini," jelasnya.

3. 'Harta Karun' Lain Selain LTJ

Menurut Eko, selain logam tanah jarang, sebenarnya terdapat logam critical raw material (CRM) yang juga ditemukan di sana. Bahkan, jumlahnya diindikasi lebih besar dibanding logam tanah jarang itu sendiri.



CRM sendiri adalah mineral mentah yang sangat penting untuk industri, contohnya bauksit, cobalt, antimoni, baryte dan lainnya.

4. Segudang Manfaat LTJ

Mengutip berbagai sumber, LTJ digunakan untuk menyempurnakan produk teknologi terutama di bagian lapisan layarnya. Logam ini juga memiliki kekuatan magnet yang cukup besar sehingga dimanfaatkan untuk pembuatan neomagnet.

Tak hanya di sisi teknologi, di sisi otomotif, logam ini juga menjadi baha baku pendukung mobil listrik, mulai dari tenaga penggerak mobil sampai logam pelapis kendaran listrik. Material super langka ini mampu menambah kekuatan logam lainnya.

Mineral ini juga mendukung produksi alutsista seperti satelit, rudal, laset dan lainnya. Manfaat lainnya ialah menjadi bahan baku pembuatan pembangkit listrik, penyimpanan listrik, pendukung tambang, hingga mendukung produk teknologi untuk mendeteksi kanker dan jenis penyakit lain.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)