Saatnya Mengolah Hasil Tambang

Selasa, 25 Januari 2022 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Strategi lain yang bisa dilakukan adalah menerapkan konsep weak sustainability. Maksudnya, dengan cara mensubtitusi sumber daya yang hilang dengan sumber daya lain yang bisa memiliki nilai tambah yang sama.Akan tetapi, jika kebijakan pengelolaan sumber daya alam tidak ke arah keduanya maka akan lebih baik apabila menggunakan sumber daya yang memberikan multiplier effect ke seluruh pelaku ekonomi.“Misalnya eksploitas mineral itu akan menumbuhkan sektor turunan baik hilir atau hulu dengan multiplier effect di atas 3 atau 4 kali lipat dari industri tersebut,” katanya.

Dia berpendapat, apabila larangan ekspor seperti yang ditetapkan pemerintah saat ini bersifat stockpiling management untuk kepentingan masyarakat, hal itu sangat baik karena akan memberikan geopolitical power ke negara lain.

“Akan tetapi, jika kebijakan ini tidak didukung dengan pengembangan industri domestik itu tidak terlalu baik, justru akan memberikam dampak negatif misal adanya tindakan ilegal lainnya karena penciptaan multiplier effect di domestik tidak berkembang,” katanya.

Menurut Yayan, untuk mengakselerasi pemanfaatan sumber daya alam mineral agar industri di dalam negeri tumbuh, kuncinya adalah kolaborasi dan transfer teknologi. Kolaborasi global ini dapat dengan menjadikan sebagai upaya agar ada transfer teknologi dengan melakukan joint investment agar pengembangan industri bisa beriringan dengan industri domestik.

“Jangan sampai seperti sumber daya migas seperti dahulu di mana transfer teknologinya sangat terbatas, dan mereka mau transfer ketika sumberdaya kita mendekati marjinal” tegasnya.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)