Kenaikan TDL untuk naikkan dana investasi PLN

Senin, 27 Agustus 2012 - 15:33 WIB
Kenaikan TDL untuk naikkan dana investasi PLN
Kenaikan TDL untuk naikkan dana investasi PLN
A A A
Sindonews.com - PT PLN (Persero) mengakui rencana pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL) tahun depan akan memperbaiki kemampuan investasi selain mengurangi subsidi listrik.

Direktur Utama PLN Nur Pamuji mengatakan adanya pengurangan subsidi merupakan tujuan awal dari kenaikan tarif listrik. Namun, selain itu kenaikan tarif tersebut juga dapat mendukung kemampuan perseroan menyediakan listirk guna menambah pembangunan sebesar enam persen.

"Dengan kenaikan tarif, kemampuan investasi PLN juga turut membaik. Selama ini kan, investasi PLN ini didanai APBN, pinjaman atau yang lainnya," kata Pamudji, di kantornya, Jakarta, Senin (27/8/2012).

Pamudji menjelaskan, PLN biasanya mengucurkan dana sebesar Rp60 triliun untuk investasi. Dana ini dipakai untuk membiayai proyek kelistrikan PLN. Namun, ke depan, PLN masih akan membahas lagi dengan pemerintah mengenai porsi pendanaan investasi ini.

Pasalnya, PLN masih harus mengucurkan investasi di tahun depan untuk beberapa PLTU dalam program percepatan 10 ribu megawatt (mw) tahap pertama sebesar 4.000 mw. Selain itu, perseroan juga sudah memulai beberapa pembangkit yang masuk dalam program percepatan tahap kedua. PLN juga akan merampungkan pembangunan tower listrik Jawa-Bali senilai USD200 juta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)