alexametrics

Tingkatkan layanan, Pelindo I datangkan Kapal Tunda baru

loading...
Tingkatkan layanan, Pelindo I datangkan Kapal Tunda baru
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Guna peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa, PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) Cabang Pelabuhan Dumai Provinsi Riau mendatangkan satu unit Kapal Tunda baru.

Asisten Corporate Secretary Humas Pelindo I Medan, Sumatera Utara, M. Eriansyah menyampaikan kepada wartawan di Medan, Kamis (30/8), dikatakannya pengoperasian satu unit Kapal Tunda baru ini merupakan komitmen Manajemen, untuk meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pengguna jasa kepelabuhanan, dalam ketepatan dan kepastian pelayanan kapal keluar masuk pelabuhan.

Selain itu, juga untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan kapal menuju program Zero Waiting Time (waktu tunggu) di Pelabuhan Dumai.



Dikatakannya, Kapal tunda yang diberi nama Sei Deli II tersebut memiliki kekuatan daya mesin 2 x 1.600 HP (Horse Power), telah tiba pada pertengahan bulan Agustus lalu di Dumai setelah menjalani proses Sea Trial di Batam pada Awal Agustus 2012 lalu. Dengan hadirnya kapal ini diharapkan mampu meningkatkan availabilitas dan utilitas SBPP (Sarana Bantu Pelayanan Pemanduan) di Pelabuhan Dumai.

M. Eriansyah mengatakan, pengoperasian satu unit Kapal Tunda baru ini merupakan komitmen Manajemen untuk meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pengguna jasa kepelabuhanan dalam ketepatan dan kepastian pelayanan kapal keluar masuk pelabuhan. Selain itu, juga untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan kapal menuju program Zero Waiting Time (waktu tunggu) di Pelabuhan Dumai.

“Kapal Tunda sendiri berfungsi untuk mempercepat proses tambat kapal dari kolam pelabuhan ke dermaga. Di Pelabuhan Dumai sendiri saat ini, apalagi ditambah dengan pelabuhan –pelabuhan khusus (pelsus) di Dumai sangat membutuhkan jasa pandu dan tunda dari Pelabuhan Dumai. Ini adalah satu untuk mendorong percepatan pelayanan terutama pada jam-jam sibuk (peak hours)," jelas Eriansyah.

Humas Pelindo I Medan ini optimis, penambahan satu Kapal Tunda ini akan meningkatkan kinerja operasional di Pelabuhan Dumai. “Dengan ditambahnya 1 kapal tunda ini, maka jumlah kapal tunda yang dimiliki Pelabuhan Dumai menjadi 7 unit, Idealnya minimum kebutuhan untuk pelayanan adalah 4 kapal, sehingga Kapal Tunda saat ini sudah memenuhi pelayanan,” katanya.

Selain itu, penambahan tersebut juga sekaligus untuk mengantisipasi perkembangan arus kunjungan kapal yang terus meningkat di Pelabuhan Dumai. “Tercatat di Semester I Tahun 2012 ini saja kunjungan kapal di Pelabuhan Dumai sebanyak 660 call, hal ini terjadi peningkatan dibandingkan 2011 pada periode yang sama mencapai 638 call,” tambah Eriansyah.

Dijelaskannya, kapal Tunda ini memiliki kecepatan 12 knot dengan bollard pull mencapai 35 ton. Kapal yang diproduksi sejak tahun 2011 ini merupakan kapal canggih yang dilengkapi dengan peralatan Steerable Rudder Propeller (SRP) 360 derajat. SRP adalah sebuah alat yang dapat membantu kapal tersebut untuk manuver di area yang terbatas.

Sedangkan untuk panjang kapal (length over all) adalah 32,5 meter dan draft 3,3 meter. Enam unit Kapal Tunda yang sebelumnya telah dimiliki Pelabuhan Dumai yaitu 4 unit kapal memiliki kekuatan daya mesin masing-masing 2 x 1600 HP , sedangkan 2 lainnya adalah 2x 1200 HP.

“Semua ini adalah upaya konkret Manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan untuk memenuhi harapan Customer. Bahkan dalam waktu dekat Pelindo I akan mendatangkan kapal tunda lagi untuk memperkuat armada penundaan di cabang pelabuhan Belawan, yang saat ini sedang dalam proses akhir persiapannya,” tegas Eriansyah mengakhiri keterangannya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak