Pemerintah Gelar Coffee Expo 2022 Dorong Industri Kopi Lokal

Kamis, 27 Januari 2022 - 16:28 WIB
loading...
Pemerintah Gelar Coffee Expo 2022 Dorong Industri Kopi Lokal
Pemerintah dorong industri kopi lokal. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan pameran dan forum ekonomi industri kopi nasional dengan tema Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022 pada 11 - 13 Maret 2022

Mengawali acara, kegiatan pre-launching diselenggarakan pada Kamis (27/1/2022) di Graha Sawala Kemenko Bidang Perekonomian, yang dihadiri oleh lembaga terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.



Acara ini merupakan medium informasi dan komunikasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, yang dikemas melalui pameran dan forum bisnis kopi , sebagai sarana penyebarluasan potensi peluang kerjasama.

"Hal ini untuk memberikan manfaat besar sebagai rantai nilai dan strategi pemasaran guna memperkuat Trading Mark sekaligus peningkatan penjualan ekspor kopi nasional ke mancanegara," demikian tulis panitia penyelenggara dalam siaran resminya, Kamis (27/1/2022).

Adapun tujuan utama kegiatan ini adalah memperluas pengenalan kopi dalam kontribusinya bagi pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media promosi dan menumbuhkan jaringan distribusi dan kesempatan waralaba merek untuk calon investor dan diversifikasi di pasar saat ini.

"Acara ini diadakan untuk memperluas informasi peta komoditas kopi dengan varietas unik di kawasan tropis yang tak dimiliki negara lain, serta sebagai stimulator pertumbuhan dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat," lanjutnya.



Selain itu, forum pertemuan ini juga diharapkan dapat berdampak luas terhadap akses pemasaran serta membangun lapangan kerja baru, dalam kontribusinya terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan utama diselenggarakan dengan platform hybrid pada tanggal 11 sampai dengan 13 Maret 2022 di Plaza Lapangan Banteng Jakarta, dilanjutkan pameran virtual yang dapat diakses melalui situs www.indonesiapremiumcoffeeexpo.com

Ini merupakan kerja bersama Kemenko Bidang Perekonomian dengan sejumlah lembaga di bidang industri kopi nasional, seperti Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), dan Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI).

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)