5 Cara Mudah Dapat Pinjaman Modal Usaha

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:30 WIB
loading...
5 Cara Mudah Dapat Pinjaman Modal Usaha
Photo by Karolina Grabowska from Pexels
A A A
JAKARTA - Dalam menjalankan suatu usaha, modal sangat penting. Oleh karena itu perlu untuk menyiapkan modal sebelum memutuskan memulai suatu usaha. Jika modal sudah ada, maka Anda dapat langsung memulainya. Terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat untuk modal usaha. Inilah beberapa cara tersebut.

1. Tabungan Pribadi
Salah satu cara paling aman dan mudah yang dapat terpikirkan untuk memulai usaha adalah dengan modal dari tabungan pribadi. Anda dapat mulai untuk menabung dengan menyisihkan dari gaji untuk modal usaha. Namun perlu diketahui bahwa cara ini membutuhkan keuletan dan waktu yang lama. Apalagi tabungan pribadi tidak dapat digunakan untuk memulai bisnis sepenuhnya, karena Anda tetap harus menyisihkan dana untuk biaya hidup.

2. Menjual Aset yang Dimiliki
Anda juga dapat menjual aset yang dimiliki untuk mendapatkan modal usaha untuk bisnis. Aset yang dapat dijual bisa berupa perhiasan, tanah, kendaraan ataupun barang lainnya yang memiliki nilai ekonomi.

3. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha pada Pinjaman Online Legal/Kredit Tanpa Agunan
Salah satu cara lain yang dapat Anda pilih dalam mengajukan pinjaman untuk modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman online resmi. Berbeda dengan pengajuan pinjaman melalui bank yang memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi, pinjol menawarkan syarat dan proses yang mudah dan cepat.

Salah satu aplikasi pinjaman uang online terbaik di Indonesia saat ini adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan suatu produk Kredit Tanpa Agunan terbaik yang dikeluarkan oleh PT Bank Amar Indonesia Tbk, dan telah mengantongi izin usaha bank umum konvensional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses pengajuan pinjaman sangat mudah yaitu hanya menyiapkan KTP dan mengisi formulir, tanpa adanya jaminan apapun.

Masa tenor yang diberikan Tunaiku juga mencapai 20 bulan dengan plafon maksimal 20 juta rupiah. Semua biaya dan bunga telah tercantum dengan jelas. Suku bunga pinjaman antara 2-5%, gratis biaya pelunasan lebih awal, serta besaran denda keterlambatan Rp150.000 per bulan. Dengan begitu, Anda tidak perlu meragukan transparansi dan legalitas dari Tunaiku. Download Tunaiku sekarang juga untuk modal usaha yang cepat dan aman.

4. Kredit Bank
Jika membutuhkan pinjaman dengan jumlah besar dan dalam waktu yang cepat, Anda dapat memilih untuk mengajukan pinjaman dari bank. Dalam memilih kredit bank, Anda harus memperhatikan baik-baik bunga dan cicilan yang menjadi tanggungan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses pengajuan kredit bank, di antaranya seperti:

a. Bukti identitas pribadi berupa KTP dan juga KK.
b. Buku tabungan yang dimiliki.
c. Fotocopy akta nikah yang dimiliki.
d. SKP atau surat Keterangan Penghasilan.
e. Bukti tidak memiliki tanggungan atau cicilan lainnya.

5. Modal Usaha dari Program Pinjaman yang Dibuat oleh Pemerintah.
Pemerintah Indonesia memiliki program yang ditujukan untuk membantu masyarakat yang ingin mulai menjalankan bisnisnya sendiri. Program pinjaman tersebut biasa disebut dengan KUR atau Kredit Usaha Rakyat sebagai pembiayaan dari bank untuk masyarakat yang menjalankan usaha mikro kecil, usaha menengah, dan UMKM. Namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

a. Usaha sudah berjalan minimal 6 bulan.
b. Tidak menerima kredit dari perbankan.
c. Memenuhi persyaratan administrasi yaitu KK, KTP dan mengantongi surat izin usaha.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Sejauh ini memang cara pengajuan pinjaman untuk modal usaha yang paling sesuai adalah dengan melalui pinjaman online. Meski limit maksimal yang ditawarkan tidak sebesar pinjaman dari bank, namun proses pengajuan dan syaratnya sangat mudah. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)