Kini Masyarakat Bisa Akses Data Warisan Bumi Secara Mudah

Jum'at, 28 Januari 2022 - 23:30 WIB
loading...
Kini Masyarakat Bisa Akses Data Warisan Bumi Secara Mudah
Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Foto: Instagram/@hayukasukabumi
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) meluncurkan Portal Geologi Indonesia. Portal ini berisi data dan informasi kegeologian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang mungkin memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca juga: Soal Harga DMO Batu Bara USD70, Drijen ESDM: PLN Itu Bisnis Subsidi

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono mengatakan, dalam portal itu terdapat informasi yang terdiri dari warisan geologi, leksicon stratigrafi, sedimentary basin/cekungan sedimen dan geomap.

Warisan geologi adalah warisan bumi yang memiliki aspek ilmiah, keunikan, kelangkaan dan keindahan. Warisan geologi merupakan komponen penting untuk membangun daerah secara berkelanjutan melalui konsep geopark, dengan memanfaatkan situs warisan geologi untuk kegiatan penelitian, edukasi, dan pariwisata.

"Data dan informasi warisan geologi yang cepat dan mudah akses sangat dibutuhkan publik dan stakeholder terkait. Aplikasi warisan geologi menyajikan layanan informasi, layanan verifikasi online dalam penetapan warisan geologi, dan pengelolaan database warisan geologi seluruh Indonesia," kata Eko, Jumat (28/1/2022).





Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Survei Geologi (PSG), Badan Geologi, Kementerian ESDM Hendra Gunawan menginformasikan bahwa PSG telah melakukan survei, penyelidikan dan pemetaan geologi, dan geofisika di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut telah menghasilkan banyak data dasar kegeologian, ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

Sebagian produk-produk PSG tersebut, dikatakan Hendra, sudah didigitalisasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi kegeologian. Didukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, proses digitalisasi pelayanan publik terkait data dan informasi geologi Indonesia kini semakin mudah.

Baca juga: Rusia Jadi Perang dengan AS dan NATO? Ini Jawaban Moskow

"Menyongsong era digital 4.0, PSG membangun Portal Geologi Indonesia untuk mempermudah dan mempercepat akses terhadap data geologi sesuai dengan kebutuhan pengguna," kata Hendra.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1892 seconds (10.177#12.26)