alexametrics

BI pastikan plafon gadai emas tidak naik

loading...
BI pastikan plafon gadai emas tidak naik
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) menegaskan plafon gadai emas yang sudah ditentukan pada perbankan syariah sebesar Rp250 juta tidak akan dinaikkan.

"Tidak akan ada penambahan jumlah plafon di atas Rp250 juta," tegas Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah Bank Indonesia, Edy Setiadi, dalam jumpa pers di gedung BI, Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Dirinya menjelaskan, alasan BI yang tidak menaikan plafon gadai emas merupakan bentuk keberpihakan regulator terhadap masyarakat berpenghasilan rendah.



Hingga kini pemilik rekening gadai emas yang memegang plafon di bawah Rp250 juta mencapai 80 persen dari jumlah total. "Karena saya lebih berpihak ke yang kecil karena bukan pada return-return bank," terangnya memberi penjelasan.

Sementara, penegasan itu sendiri sekaligus menanggapi permintaan dari Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo). Dimana, saat itu Asbindo meminta BI untuk menaikkan plafon gadai emas yang semula hanya Rp250 juta, agar ruang lingkup pembiayaan gadai emas perbankan syariah lebih terbuka.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak